HASIL PENELITIAN : Inilah 5 Cara Media Sosial Rusak Kesehatan Mental

Septina Arifiani/JIBI/Solopos
Sabtu, 21 Juni 2014 - 07:34 WIB

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengguna media sosial (e27.co)

Solopos.com, SOLO – Memiliki akun di banyak jejaring sosial membuat Anda mudah mengenal dan terhubung dengan orang yang tinggal di berbagai belahan dunia. Namun, penelitian mengungkapkan pengaruh media sosial justru akan memperburuk kesehatan mental.

Berikut beberapa hal yang menyebabkan media sosial merusak kesehatan mental bagi para penggunanya sebagaimana dikutip Healthmeup.com, Rabu (18/6/2014):

Membuat Anda Merasa Tak Mampu
Memiliki akun di media sosial membuat Anda selalu ingin memantau kehidupan orang lain. Melihat orang yang memiliki kehidupan yang lebih sukses dari Anda akan membuat Anda merasa tak mampu dan tak berharga. Hal ini akan membuat Anda merasa minder dan kurang percaya diri.

Ketakutan Kehilangan Interaksi
Pengguna aktif di media sosial cenderung ingin selalu mengikuti interaksi pada media sosial yang mereka ikuti. Oleh karenanya, mereka akan selalu ingin membuka akun media sosialnya secara terus menerus agar tak selalu kehilangan atau ketinggalan interaksi dengan teman-temannya di dunia maya.

Terpisah dari Dunia Nyata
Pemilik akun media sosial seringkali menggambarkan diri ideal mereka di media sosial. Oleh karenanya mereka seringkali melupakan kehidupan nyata. Pengguna akan merasa jauh lebih nyaman untuk berintraksi di media sosial, tetapi jika mereka kembali ke kehidupan nyata mereka akan cenderung pendiam dan merasa gelisah.

Menyebabkan Kecanduan
Media sosial merupakan hal yang bersifat adiktif. Pengguna akan selalu ingin memenuhi kebutuhan mereka untuk masuk ke dalam dunia maya.

Takut Sendiri
Saat Anda menghabiskan sebagian besar waktu untuk media sosial, maka secara otomatis Anda tak pernah merasa ingin menghabiskan waktu Anda sendiri. Hal ini dapat membuat Anda seolah-olah takut sendirian.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif