SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN—Kabupaten Sleman akan menjadi tuan rumah konferensi City on Volcano (COV) ke-8 pada 2014 mendatang. Kongres pertemuan terbesar di dunia yang membahas tentang kegunungapian ini akan diadakan sekitar bulan Oktober 2014.

Bupati Sleman mengaku gembira karena Kabupaten Sleman mendapat kesempatan untuk menjamu orang-orang yang berkompeten dalam bidang kegunungapian ini. Pihaknya juga akan mengajak kerja sama perguruan tinggi yang ada di Sleman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sewaktu di Meksiko saya melihat acara diadakan di beberapa kampus. Untuk itu kami juga akan mengusahakan agar ada kerja sama untuk menggelar acara yang mendunia ini,” kata Sri Purnomo di Humas Pemkab Sleman, Rabu (29/11/2012).

Sri Purnomo menambahkan Gunung Merapi termasuk gunung api kota, artinya di sekitar gunung terdapat ribuan penduduk yang bertempat tinggal. Penanganan bencana Merapi 2010 lalu menjadi bahan yang menarik perhatian banyak pihak pada pertemuan COV di Colima, Meksiko beberapa waktu lalu.

“Pengalaman menangani pengungsi 2010 dengan memindahkan 200.000 orang dalam waktu 6 jam menjadi bahan yang paling gencar dibicarakan. Sebab di dunia, baru Sleman yang melakukannya. Yang terbanyak pernah terjadi pengungsian 5000 orang,” kata Sri Purnomo.

Pertanyaan banyak delegasi soal penanganan para pengungsi ini sebenarnya menjadi pembicaraan yang sangat menarik. Sebab di belahan dunia lain untuk mengungsikan orang sebanyak itu akan menghitung kebutuhan hidup, mulai dari makan hingga penginapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya