SOLOPOS.COM - dok

dok

KLATEN—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten akan merelokasi sebagian bangunan SMAN 3 Klaten pada 2014 mendatang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Klaten, Bambang Sigit Sinugroho, mengatakan relokasi SMAN 3 Klaten akan diusulkan menggunakan dana dari pemerintah pusat. Pada tahun 2013 mendatang, Pemkab Klaten baru akan membuat master plan dan detailed engineering design (DED) gedung baru SMAN 3 Klaten.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami bisa mengusulkan anggaran sekitar Rp50 juta untuk pembuatan master plan dan DED dalam pembahasan Rancangan KUA PPAS APBD 2013. Kalau tidak menggunakan dana APBD, pembuatan master plan dan DED itu bisa menggunakan dana sekolah,” ujar Bambang kepada Espos, Rabu (17/10).

Setelah master plan dan DED jadi, Bappeda Klaten baru akan mengusulkan pembangunan gedung baru SMAN 3 Klaten kepada pemerintah pusat. Dia berharap pemerintah pusat bisa mengucurkan dana melalui APBN 2014 sehingga pembangunan gedung bisa dimulai tahun itu juga. Bambang mengaku belum mengetahui jumlah dana yang dibutuhkan untuk membangun gedung baru SMAN 3 Klaten sebelum pembuatan master plan dan DED selesai. Menurutnya pembangunan gedung baru nantinya akan berlokasi di kompleks SMAN 3 Klaten di sebelah utara. “Di kompleks sebelah utara itu masih cukup luas. Masih ada lahan yang cukup untuk membangun gedung. Alternatif lain gedung yang sudah ada sekarang nanti bisa ditingkat,” papar Bambang.

Bambang menegaskan bahwa pemindahan lokasi kegiatan belajar mengajar (KBM) akan dilakukan setelah pembangunan gedung baru selesai. Menurutnya pihak sekolah tidak perlu menyekat-nyekat gedung olah raga (GOR) SMAN 3 Klaten sebagai ruang kelas dan ruang guru untuk sementara. “Penggunaan lahan di SMAN 3 Klaten itu merupakan pengembangan dari pembangunan Masjid Agung. Pengembangan itu dimulai setelah Masjid Agung berdiri. Pengembangan tak akan dilakukan sebelum gedung baru SMAN 3 Klaten dibangun,” terang Bambang.

Sementara itu, Kasi SMA, Bidang Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten, Drs Lasa, menyerahkan persoalan relokasi SMAN 3 Klaten kepada Bappeda Klaten. Menurutnya, hingga kini rencana relokasi SMAN 3 Klaten itu belum dibahas di kalangan internal Disdik Klaten. “Kami menginginkan solusi terbaik. Kami berharap selama berlangsungnya relokasi tidak mengganggu KBM siswa,” papar Lasa.

Sebelumnya, sejumlah gedung SMAN 3 Klaten terancam digusur. Lokasi tempat gedung itu berdiri akan digunakan untuk area parkir dan taman Masjid Agung yang saat ini masih dibangun di lahan bekas Terminal Jonggrangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya