2014 Proyek Underpass Dimulai, 2 Wilayah Jadi Prioritas

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Pembangunan underpass di Kota Solo direncanakan bakal dimulai 2014 mendatang. Sebanyak dua perlintasan kereta api menjadi prioritas terkait proyek yang didanai APBN itu.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Yosca Herman Soedrajad, menyampaikan kajian akhir terkait rencana pembangunan underpass sudah disampaikan di rapat dengan sejumlah SKPD di balaikota beberapa waktu lalu.

“Sudah kami sampaikan ke Pak Wali. Tinggal menunggu pembicaraan dengan pemerintah pusat. Kemungkinan 2014 mendatang proyek dimulai,” paparnya, pekan lalu.

Dikatakannya, detail engeenering design (DED) terkait pembangunan underpass di Kota Bengawan sudah selesai akhir 2012 lalu.

“DED tentang empat underpass sudah ada. Tinggal nanti mana yang diprioritaskan,” tambahnya.

Yosca mengutarakan melihat kepadatan serta kemudahan guna memulai proyek pembangunan, terdapat dua kawasan yang bakal diprioritaskan dibangun underpass. Dua wilayah tersebut yakni di perlintasan kereta api Purwosari dan Hotel Agas, Manahan.

Dia menyampaikan di dua kawasan tersebut proyek underpass dimungkinkan tidak terkendala pembebasan lahan. Hanya saja, lanjutnya, keputusan terkait prioritas pembangunan underpass berada di tangan Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo (Rudy), melalui pembicaraan dengan pemerintah pusat.

Yosca mengutarakan pembangunan underpass mendesak dilakukan. Pasalnya, selain kepadatan lalu lintas semakin bertambah, perjalanan kereta api bakal meningkat dalam beberapa tahun mendatang.

“Kalau sampai perjalanan kereta api dalam sehari terdapat 80-90 perjalanan, bisa jadi setiap setengah jam sekali pintu perlintasan ditutup. Nah, solusinya ya underpass itu karena arus lalu lintas tak terhalang oleh penutupan pintu perlintasan,” paparnya.

Menanggapi rencana pembangunan underpass yang terus berlanjut, Wakil Ketua DPRD Solo, Supriyanto, menegaskan tetap tidak sepakat dengan proyek itu. Pasalnya, pembangunan underpass diyakini Supriyanto tidak dapat mengurai kemacetan di Kota Solo secara makro.

“Sebenarnya sumber kemacetan itu bisa dipecah. Bukan dengan pembangunan underpass seperti itu. jadi semestinya yang diutamakan itu rekayasa lalu lintasnya. Bagaimana mengurai kemacetan di sejumlah titik agar bisa dilewatkan melalui jalan lain di Kota Solo,” ungkapnya, Senin (28/1/2013), di DPRD Solo.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pantau Vaksinasi Anak di Boyolali, Puan Bagikan Buku & Kaus Mbak Puan

Puan mendampingi siswa yang divaksin, serta sempat mampir ke kelas untuk berdialog dengan siswa.

Goa Jatijajar Jadi Tambang Fosfat Besar di Masa Penjajahan Jepang

Goa Jatijajar di Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, pernah menjadi tambang fosfat besar pada masa penjajahan Jepang di Indonesia.

Negara Rugi Rp3,6 Triliun Gara-Gara Kasus Korupsi Garuda Indonesia

Jaksa Agung, Sanitiar (ST) Burhanuddin, mengungkap kerugian sementara negara akibat kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan dan penyewaan pesawat PT Garuda Indonesia Rp3,6 triliun.

Bappeda Sragen Pertanyakan Sedikitnya Jumlah Sampel Susenas 2021

BPS Sragen hanya menggunakan 870 dari total 339.065 rumah tangga di Sragen sebagai sampel survei sosial ekonomi nasional (Susesnas) 2021. Bappeda Sragen mempertanyakan sedikitnya jumlah sampel itu.

Pemkot Salatiga Akan Pertahankan Tenaga Honorer

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, menyatakan akan mempertahankan tenaga harian lepas atau honorer di instansi pemerintahan atau Pemkot Salatiga.

Dikenal Teknik Putaran Miring, Melikan Bangun Wisata Edukasi Gerabah

Desa Melikan mengembangkan potensi gerabah dengan membikin wisata edukasi.

Misteri Penunggu Gunung Dempo, Suka Mencari Mangsa Saat Pagi dan Senja

Gunung Dempo tak hanya menyuguhkan pemandangan indah, namun juga menyimpan misteri penunggu puncak gunung yang suka turun saat pagi dan senja menjelang petang.

Sukoharjo Waspadai Potensi Bencana di Puncak Musim Hujan

Dari seluruh potensi bencana alam yang ada, seluruh wilayah Sukoharjo perlu mewaspadai risiko terjadinya angin kencang yang berpotensi merusak.

Cek! Bantul Mulai Terapkan Harga Baru Minyak Goreng Rp14.000 per Liter

Pemkab Bantul mengecek toko berjejaring sudah menerapkan harga baru minyak goreng Rp14.000 per liter, tetapi pedagang pasar tradisional malah belum.

Joss! Daun Talas Beneng dari Jateng Tembus Pasar Ekspor Australia

Daun talas beneng dari Jawa Tengah berhasil menembus pasar ekspor Australia yang dihargai Rp15.000-Rp20.000 per kilogram.

Performa di Liga 1 Menurun, Persija Jakarta Depak Pelatih

Persija Jakarta resmi mendepak pelatih Angelo Alessio. Keputusan itu dibuat manajemen Macan Kemayoran menyusul hasil minor selama putaran kedua BRI Liga 1.

Sekolah Kebanjiran, Pelajar SDN 4 Kebonromo Sragen Belajar di Rumah

Banjir yang menerjang Sragen pada Selasa (18/1/2022) berdampak pada kegiatan belajar mengajar di SDN 4 Ngrampal. Sebagian siswa SD tersebut harus belajar dari rumah karena sekolah kebanjiran.

Ketahui Jenis-Jenis Vegetarian yang Sehat

Ada sejumlah diet vegetarian sehat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Harga Minyak Goreng di Klaten Masih Rp21.000 per Liter, Pedagang Pusing

Harga minyak goreng kemasan di pasar tradisional masih berada pada kisaran Rp19.500-Rp21.000 per liter.

Data Pribadi Dijual sebagai NFT, Ini Langkah Kemenkominfo

Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kemenkominfo mengungkapkan telah menindak platform yang ketahuan memperjualbelikan data privasi sebagai NFT.