SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Sejumlah bank umum masih akan melanjutkan ekspansi bisnisnya di Kota Solo. Dari informasi yang dihimpun di Bank Indonesia (BI) Solo, tahun 2013 akan ada tiga bank yang akan membuka cabang baru di Solo dan sekitarnya, satu bank baru yang saat ini sedang mengajukan izin pembukaan kantor cabang di Kota Solo, serta satu Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

“Akan ada satu bank yang akan masuk ke Solo. Bank baru, saat ini belum ada di Solo sehingga berencana masuk ke Solo,” kata Deputi Kepala Perwakilan BI Solo Bidang Perbankan, Asep Lesmana, saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, pekan lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pihaknya belum bersedia menyebutkan bank-bank mana saja yang bakal melakukan ekspansi atau bank baru yang saat ini sedang mengajukan perizinan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Saya belum bisa menyebutkan nama banknya, karena belum tentu diijinkan. Saat ini masih dalam proses,” ujar Asep.

Asep mengatakan Kota Solo khususnya masih menjadi incaran investor-investor di bidang perbankan. Dengan kinerja perbankan yang tumbuh positif, Kota Solo dinilai masih potensial sebagai tujuan ekspansi bank-bank. Di Soloraya sendiri, BI mencatat ada 88 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan 70 kantor cabang bank umum.

BI Solo mengakui penyebaran bank-bank di wilayah Soloraya ini belum merata. Maka, BI Solo mendorong agar bank-bank umum membuka kantor cabang di daerah seperti Boyolali dan Wonogiri. Asep menegaskan, BI tidak membatasi atau menutup bank baru, tapi setiap bank yang ingin membuka kantor di Solo, diharapkan juga membuka layanan di daerah.
Asep menilai daerah di sekitar Solo, seperti Wonogiri dan Boyolali juga memiliki potensi pasar yang luas. Salah satunya terkait rencana pendirian pabrik-pabrik baru di kawasan tersebut.

Pemimpin BNI Solo Slamet Riyadi, Azwir Sanur, menyampaikan tahun depan pihaknya akan membuka dua kantor layanan di Jl Veteran Solo dan Sragen ke arah Ngawi. Dua kantor tersebut, kata Azwir, setingkat kantor kas.

“Dua kantor itu akan kami buka tahun 2013. Kami berusaha mendekatkan layanan kami ke nasabah,” kata Azwir.

Dengan adanya pembukaan dua kantor tersebut, maka tahun depan BNI akan mempunya 26 jaringan di Soloraya. Selama ini, di Soloraya BNI memiliki dua kantor cabang utama di Jl Slamet Riyadi dan Jl Arifin. Masing-masing kantor cabang memiliki kantor layanan baik cabang pembantu maupun kas sebanyak 14 kantor dan 8 kantor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya