SOLOPOS.COM - Chairperson & President Sahid Group Sukamdani Sahid Gitosardjono (kedua kiri) didampingi Ibu Juliah Sukamdani (kedua kanan), Presdir PT Sahid International Hotel Management & Consultant Hariyadi B Sukamdani (kanan), dan General Manager Erny Sulistyowati mengamati pemandangan dari dalam kamar di Hotel Sahid Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. Pada 2013 Grup Sahid akan menambah jumlah kamar hotel sebanyak 1.700 kamar. (JIBI/Bisnis Indonesia/Wahyu Darmawan)

Chairperson & President Sahid Group Sukamdani Sahid Gitosardjono (kedua kiri) didampingi Ibu Juliah Sukamdani (kedua kanan), Presdir PT Sahid International Hotel Management & Consultant Hariyadi B Sukamdani (kanan), dan General Manager Erny Sulistyowati mengamati pemandangan dari dalam kamar di Hotel Sahid Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. Pada 2013 Grup Sahid akan menambah jumlah kamar hotel sebanyak 1.700 kamar. (JIBI/Bisnis Indonesia/Wahyu Darmawan)

SOLO — PT Sahid International Hotel Management & Consultant (SIHMC) siap menambah 1.700 unit baru kamar di seluruh jaringan hotel Grup Sahid. Saat ini jumlah kamar yang beroperasi di bawah manajemen Sahid Group Hotel ada 3.200 unit kamar.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

“Tahun depan akan bertambah menjadi 4.900 unit kamar,” kata Direktur Utama PT SIHMC, Hariyadi Sukamdani, kepada wartawan di sela-sela Meeting Marketing&Budget Planning 2013 Sahid Group Hotel, di Kusuma Sahid Prince and Hotel (KSPH) Solo, Rabu (28/11/2012). Pada kesempatan tersebut Hariyadi menjelaskan tahun 2013 target penjualan Sahid Group Hotel ditetapkan naik 36,6%, dari pencapaian tahun 2012 sebesar Rp373 miliar menjadi Rp510 miliar. Sementara untuk pertumbuhan gross operating profit (gop) tahun 2013 naik cukup 67,40%. Jika tahun 2012 ini laba kotor diproyeksikan mencapai Rp139 miliar, tahun 2013 laba kotor ditetapkan naik menjadi Rp224 miliar.

Secara kinerja, jika rata-rata okupansi Sahid Group Hotel tercapai 63%, tahun 2013 targetnya bisa meraih rata-rata okupansi 67%. “Kenaikan angka penjualan itu ditetapkan seiring dengan rencana pengoperasian hotel baru di beberapa kota di seluruh Indonesia,” kata Hariyadi.

Saat ini, lanjut dia, Sahid Group Hotel sudah mengoperasikan 27 hotel, baik itu properti milik Sahid Group sendiri maupun properti milik investor lain yang secara manajemen di kelola Sahid Group. Tahun depan, SIHMC menyiapkan dana investasi kisaran Rp350 miliar hingga Rp400 miliar untuk pengembangan-pengembangan bisnisnya. Dan menurut Hariyadi, Sahid Group masih punya banyak peluang untuk berekspansi ke sejumlah ibu kota provinsi yang ada di Indonesia, termasuk Semarang. SIHMC berencana membangun kondotel di Semarang.

Di tingkat kabupaten, Sahid Group Hotel berencana mengelola dua hotel yang ada di Solo dan Magelang. “Masing-masing sifatnya hanya mengelola, dan hotel tersebut bermain di segmen hotel budget atau hotel bintang dua.”

Pada Meeting Marketing & Budget Planning 2013 tersebut, juga diberikan penghargaan kepada hotel di bawah jaringan Sahid Group yang memiliki kinerja baik. Terbaik pertama adalah Hotel Sahid Jaya Solo, disusul KSPH dan ketiga adalah Sahd Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya