SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Peraih manfaat kartu Program Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) Gold 2013 diprediksi meningkat sekitar 10% dari tahun sebelumnya.

Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo mengklaim telah menerima pengajuan baru PKMS Gold dari 1.269 jiwa. Hingga tahun ini, layanan kesehatan khusus rakyat miskin itu telah mengkaver 13.895 jiwa. Menurut Kepala DKK, Siti Wahyuningsih, kenaikan bersumber dari pemohon baru maupun pengguna PKMS Silver yang beralih ke kategori gold. Perempuan yang akrab disapa Ning ini menyebut sudah ada 500 pemohon baru yang dinyatakan lolos verifikasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

”Saat ini jumlahnya segitu. Namun ya masih mungkin bertambah karena pendaftaran masih dibuka hingga 31 Desember,” ujarnya saat ditemui di Balaikota, Kamis (8/11/2012).

Meski pengguna PKMS Gold diprediksi meningkat, Ning menyebut pengajuan alokasi dana untuk PKMS tidak akan ditambah. Pihaknya akan menggunakan opsi pengajuan di APBD Perubahan jika dalam perjalanan terdapat kekurangan dana.

”Sementara ini pengajuan masih sama, sekitar Rp21 miliar,” ungkapnya.

Ning beralasan nihilnya pengajuan dana tambahan lantaran DKK telah memasukkan program general check up dalam layanan PKMS. Pihaknya berpendapat adanya general check up bisa menghemat biaya pengobatan pengguna PKMS Gold dan Silver. Adapun layanan tambahan ini bisa mendeteksi dini penyakit jantung, gula darah, kolesterol hingga tekanan darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya