2013, Pemerintah Rekrut 65.000 CPNS
Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)
KENDARI - Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan) dan Reformasi Birokrasi, Aswar Abubakar, mengatakan, tahun 2013 mendatang, pemerintah akan menerima calon pegawai negeri sipil (PNS) reguler sekitar 65.000 orang.

"Untuk analisa sementara kebutuhan PNS secara nasional, tahun depan kita menerima PNS reguler sekitar 65 ribu orang," kata Aswar Abubakar, kepada wartawan di Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis sore. Ia mengatakan, sekitar 50 persen yang akan diterima tersebut untuk mengisi jabatan atau kursi PNS yang saat ini sudah memasuki batas usia pensiun. "Jumlah yang akan kita terima memang besar, tetapi kami akan selektif menilai usulan formasi yang dibutuhkan dari masing-masing daerah," kata Azwar.

Ia mengatakan, pemerintah harus membuat analisis kebutuhan pegawai di daerah masing-masing, mulai analisa beban kerja dan analisa jabatan. Jumlah PNS yang akan diterima tersebut katanya, diupayakan merata secara proporsional, jangan sampai ada daerah tertentu yang membengkak PNS-nya sementara beban kerjanya sangat kecil. "Kami akan lihat tergantung beban kerja dan analisis jabatan, baru kita sesuaikan berapa yang akan diberikan untuk setiap daerah, pasti tidak akan sama jumlahnya," katanya.

Ia menyebutkan, tahun 2013 mendatang sekitar kurang lebih 135 ribu PNS akan pensiun, sehingga penerimaan PNS yang baru menggantikan yang telah dipensiunkan, tetapi bukan berarti jumlah yang akan diterima sama dengan jumlah yang pensiun.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho