SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA: Sebuah komet baru akan melintasi bumi pada 2013 dan dapat dilihat dengan mata telanjang. Menurut Space.com, komet yang dinamakan C/2011 L4 (PANSTARRS) tersebut terlihat dari teleskop Pan-STARRS 1 yang ditempatkan di Hawaii, Amerika Serikat. Teleskop itu didesain khusus untuk menemukan asteroid berbahaya.

Komet tersebut terdeteksi pertama kali pada 5 dan 6 Juni, dan terus diamati dengan berbagai instrumen yang berbeda sehari sesudahnya. Menurut perkiraan para astronom, komet itu akan berjarak sekitar 30 juta mil atau 50 juta kilometer dari matahari pada 13 Februari 2013 mendatang. Jarak yang sama dengan planet Mercurius.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selama mendekati orbit bumi dalam dua tahun ini, komet C/2011 L4 (PANSTARRS) bisa dilihat secara samar-samar di langit sebelah barat, setelah matahari terbenam.

Menurut Richard Wainscoat dari Universitas Hawaii, yang turut membantu pengamatan terhadap komet baru itu, komet C/2011 L4 (PANSTARRS) memiliki orbit yang berbentuk seperti parabola. Hal ini berarti bahwa komet tersebut suatu ketika akan mendekati matahari, tapi setelah itu tidak pernah mendekati matahari lagi.(Harian Jogja/MG Noviarizal Fernandez)

Foto Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya