SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

SOLO--Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Solo direnovasi pada 2013 mendatang. Pemkot bakal mengucuri anggaran senilai Rp2,5 miliar dari APBD guna perbaikan tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sekretaris Komisi IV DPRD Solo, Abdul Ghofar Ismail, mengungkapkan alokasi anggaran guna perbaikan Kantor Arpusda layak diberikan. Pasalnya, sebagai tempat penyimpanan arisp-arsip penting di Kota Bengawan kondisi kantor tersebut dinilai sudah tak layak.

“Menurut kami fasilitas memang sudah tidak layak. Arsip itu kan penting dan seharusnya disimpan di tempat yang layak,” ungkapnya, Rabu (28/11/2012).

Ghofar mengatakan seharusnya kondisi bangunan guna penyimpanan arsip-arsip penting milik pemkot dengan kondisi kondisi bangunan yang tidak lembab. “Ya maksudnya agar kertas arsip tidak menjamur dan rusak. Apalagi seperti kondisi saat ini atap sering bocor. Seharusnya terbebas dari itu,” katanya.

Disinggung alokasi anggaran itu, Ghofar menegaskan anggaran perbaikan sudah disetujui badan anggaran (Banggar) DPRD. “Nilai Rp2,5 miliar itu termasuk untuk pembuatan DED,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPRD Solo, Umar Hasyim, mengatakan perbaikan mendesak dilakukan. “Perbaikan gedung itu diusulkan pemkot saat pembahasan KUA-PPAS 2013 beberapa waktu lalu. Karena pertimbangan kondisinya sudah tidak layak, akhirnya Banggar menyetujui. Ya karena kantor itu untuk menyimpan arsip-arsip berharga milik pemkot,” urainya.

Lebih lanjut, Umar berharap setelah pembangunan, seluruh arsip di Kota Bengawan dapat disimpan di kantor tersebut. “Banyak arsip-arsip penting yang saat ini masih tersebar di berbagai instansi. Ya karena tempat kantor Arpusda yang terbatas,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya