SOLOPOS.COM - Peserta Solo Batik Carnival (SBC) V melakukan performa di hadapan tamu undangan di Stadion Sriwedari, Solo, Sabtu (30/6/2012) malam. perhelatan Solo Batik Carnival V tahun 2012 mengambil tema Metamorfosa. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)


Peserta Solo Batik Carnival (SBC) V melakukan performa di hadapan tamu undangan di Stadion Sriwedari, Solo, Sabtu (30/6/2012) malam. perhelatan Solo Batik Carnival V tahun 2012 mengambil tema Metamorfosa. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo mengusulkan 44 event dalam draft Calendar of Cultural Event Solo 2013.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Haul Mustofa dan Haul Habib Ali Habsy menjadi dua event baru yang diusulkan dalam draft tersebut.

Kepala Bidang Promosi Disbudpar Solo, Budi Sartono, mengatakan ada 17 event utama dalam usulan draft yang masih bersifat dinamis itu. Pemangku wisata akan mengevaluasi dan membangun komitmen bersama terkait agenda tahunan Kota Solo itu.

“Haul masuk ke dalam draft usulan karena berpotensi mendatangkan banyak wisatawan. Jadi nanti ada paket wisata yang dijual selain haul,” ujarnya saat ditemui wartawan di sela-sela acara pembahasan draft Calendar of Cultural Event Solo 2013 di Hotel Indah Palace, akhir pekan kemarin.

Bangun Jaringan

Travel agent, lanjut Budi, memang masih sedikit menjual paket wisata Solo. Selama ini mereka masih banyak menjual paket wisata kota lain. Padahal, dunia pariwisata itu bersifat tanpa sekat atau borderless.

“Destinasi wisata di Solo masih lemah. Padahal kalau berbicara tentang Solo banyak kabupaten di sekitarnya mempunyai potensi wisata menarik. Tinggal membangun jaringan saja,” lanjut dia.

Disbudpar Solo saat ini juga terus menindaklanjuti kerja sama yang telah ditandatangani dengan Pemkot Jogja. Kepala Disbudpar, Widdie Srihanto, mengatakan tindak lanjut kerja sama saat ini mencapai 50%. Pihaknya optimistis realisasi kerja sama akan mulai dilaksanakan tahun ini.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Solo (BPPIS) Solo, Hidayatullah Albanjari, mengatakan penempatan event besar pada peak season menjadi nilai tambah mendukung wisatawan untuk masuk ke Solo.

“Ada empat event besar di Solo seperti Solo Batik Carnival (SBC), Solo International Performing Art (SIPA), Solo International Ethnic Music Festival (SIEM) dan Solo City Jazz. Keempat event itu sudah cukup dikenal masyarakat namun perlu manajemen yang lebih bagus,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya