2013, Bangunan Baru di Jogja Harus Bersertifikat

 Ilustrasi

SOLOPOS.COM - Ilustrasi

JOGJA—Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja mulai, Sabtu  (12/1/2013) memberlakukan aturan baru mengenai bangunan yang didirikan di Kota Gudeg.

Selain harus mengantongi izin mendirikan bangun bangunan (IMBB), setiap bangunan baru bangun, harus mengantongi Sertifikat Layak Fungsi (SLF).

Kepala Bidang Pelayanan Dinas Perizinan Kota Jogja Golkari Made Yulianto mengatakan, setiap bangunan baru yang didirikan di Kota Jogja, harus mengantongi SLF tersebut sebelum digunakan.

Dasar hukumnya, sambung Golkari, tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) No. 2/ 2012 tentang Bangunan Gedung. Peraturan tersebut dimaksudkan agar bangunan yang dibangun memenuhi unsur keselamatan dan keseimbangan dengan lingkungan.

Selain itu, kebijakan bertujuan mewujudkan tertib penyelenggaraan bangunan yang menjamin keandalan teknis dari segi keselamatan, kesehatan dan kenyamanan.

Kebijakan penerbitan SLF itu merupakan kebijakan baru. Sebelumnya, pemilik bangunan hanya diwajibkan memiliki IMBB. Mulai tahun ini, pemilik juga wajib memiliki SLF.

“Penerbitkan SLF tidak dipungut biaya. Tidak berlaku surut, hanya untuk bangunan yang baru dibangun tahun ini. Bangunan lama bisa memperoleh SLF kalau pemiliknya mengajukan,” kata Golkari, beberapa waktu lalu di kantornya.

Setelah sebuah bangunan selesai dibangun, maka pemilik bangunan harus mengajukan permohonan penerbitan SLF ke Dinas Perizinan. Sebelum SLF diterbitkan, akan ada penilaian independen yang dilakukan tim khusus disesuaikan dengan luas bangunan.

Jika bangunan tersebut berlantai dua atau kurang dengan bentang enam meter, tim yang akan melakukan penilaian kelaikan fungsi adalah dari Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah serta dari Dinas Bangunan Gedung dan Aset Daerah.

Namun, apabila bangunan tersebut memiliki tinggi lebih dari dua lantai dan bentang lebih dari enam meter, maka penilaian dilakukan oleh pihak ketiga yang kompeten.

Penerapan SLF, lanjut dia, akan dilakukan secara bertahap dan tidak ada pembatasan mengenai jenis bangunan yang akan dinilai, baik bangunan rumah tinggal, atau bangunan untuk keperluan komersil hingga bangunan untuk kepentingan sosial.

“Dalam Perda itu ditetapkan jenis penilaiannya. Misalnya, kondisi lift, ventilasi, penerangan, kondisi jendela dan pintu dan kelengkapan fungsi lainnya,” kata dia.

Masa berlaku SLF tersebut terbagi dalam beberapa kategori, yaitu untuk rumah tinggal dengan lantai tunggal bisa berlaku selamanya, sedang untuk bangunan dua lantai dengan bentang enam meter bisa berlaku maksimal 20 tahun, dan untuk bangunan lebih dari dua lantai dengan bentang lebih dari enam meter maksimal berlaku lima tahun.

Sayangnya, tidak ada sanksi pidana atau denda apabila pemilik bangunan tidak memiliki SLF. Yang ada hanya sanksi administratif.

Bila suatu saat dilakukan pemeriksaan, dan bangunan dinyatakan tidak laik, maka IMBB bisa dicabut dan bangunan dinyatakan tidak bisa digunakan. “Jika ada perubahan kepemilikan, maka yang diubah adalah bukti kepemilikannya. Selama ini kan yang diubah hanya IMBB,” jelas dia.

Ketua Komisi C DPRD Jogja Zuhrif Hudaya mengatakan penerbitan SLF menjadi jaminan bahwa bangunan yang akan digunakan benar-benar layak difungsikan.

Pada tahap awal, Zuhrif berharap, bangunan-bangunan milik pemerintah daerah bisa dinilai untuk diketahui kelaikan fungsinya. “Penilaian yang dilakukan harus dilakukan dengan standar tertentu dan dilakukan oleh tim yang benar-benar terakreditasi,” pungkas dia.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

+ PLUS Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

Sebagai calon Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menjadi magnet kaum urban untuk mengadu nasib di sana. Berikut perkiraan biaya hidup tinggal di Kalimantan Timur yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Berita Terkini

Tata Cara Salat Jenazah, Lengkap dengan Doa

Berikut tata cara dan doa salat jenazah sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad.

Zaini Mustofa Buka Posko Pengaduan Investasi Yusuf Mansur

Rencana pembentukan posko pengaduan itu dipicu banyaknya orang yang menghubungi dirinya dan mengaku menjadi peserta investasi Yusuf Mansur.

Dugaan Rudapaksa Wanita Boyolali, Terlapor Ngaku Kenal R Tapi Tak Akrab

Tukinu menjelaskan GWS ingin membantu R untuk bertemu suaminya dan akan dibantu bertemu dengan penyidiknya.

2021, DKPP Deteksi 65 Pelanggaran Peredaran Daging Sapi di Kota Solo

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Solo menemukan ada 65 pelanggaran dalam pengawasan peredaran daging sapi di Kota Bengawan.

+ PLUS Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

Sebagai calon Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menjadi magnet kaum urban untuk mengadu nasib di sana. Berikut perkiraan biaya hidup tinggal di Kalimantan Timur yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Kantongi Sertifikat, Wisata OMAC Klaten segera Dipermak

Sebelumnya Pemkab Klaten terkendala mengembangkan kawasan OMAC lantaran belum mengantongi sertifikat.

Diduga Dialami Puteri Artis Nurul Arifin, Apa Itu Henti Jantung

Berkonsultasi rutin dengan dokter jantung, seperti di poli jantung RS JIH Solo untuk mengurangi faktor risiko henti jantung.

Viral! NCT Dream Joget TikTok Mendung Tanpa Udan Denny Caknan

NCT Dream kejutkan penggemar dengan konten terbaru mereka joget TikTok Mendung Tanpa Udan milik Denny Caknan.

Ratusan Bidang Tanah Pemkab Klaten Ternyata Belum Bersertifikat

BPN menyerahkan 770 sertifikat hak atas tanah aset Pemkab Klaten yang terdiri atas  tanah perkarangan dan jalan sebanyak 649 bidang atau 743 sertifikat.

Ribuan Koleksi Buku Perpustakaan Mangkunegaran Solo Dipindah, Ada Apa?

Ribuan koleksi perpustakaan Reska Pustaka di Pura Mangkunegaran Solo dipindahkan dari sebelumnya di lantai II ke lantai dasar.

2.500 Paket Sembako Disalurkan ke Warga Madiun

Polres Madiun menggandeng pengusaha produk kecantikan asal Surabaya memberikan bantuan kepada warga terdampak Covid-19 dan bencana alam.

Pelaku UKM di Karanganyar Bakal Dipetakan Sesuai Klaster Usaha

Pemkab Karanganyar akan mendata ulang UKM yang dipetakan sesuai dengan klaster usaha. Ini untuk memudahkan pendampingan.

Destinasi Wisata Kayutangan di Malang Dibersihkan

Pemkot Malang menerjunkan ratusan personel kebersihan untuk membersihkan destinasi wisata koridor Kayutangan.

Sulitnya Dapatkan Minyak Goreng Bersubsidi di Karanganyar

Ibu-ibu di Karanganyar mengeluhkan sulitnya mendapatkan minyak goreng dengan harga murah. Ritel modern yang menjual minyak goreng seharga Rp14.000 liter selalu kehabisan stok.

KPK Klarifikasi Laporan tentang Gibran dan Kaesang, Apa Hasilnya?

Ali menjelaskan setiap laporan masyarakat akan ditindaklanjuti oleh KPK dengan melakukan klarifikasi dan verifikasi terlebih dahulu.

Menkeu Sri Mulyani Indrawati Bertemu Reza Rahadian, Bahas Apa Ya?

Dalam unggahan tersebut, terlihat Sri Mulyani ngobrol berbalut tawa saat bertemu dengan Reza Rahadian.