SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

YOGYAKARTA — Pada pelaksanaan haji tahun 1434 H atau 2013, Kementerian Agama (Kemenag) akan menyediakan kloter khusus jamaah lanjut usia (lansia). Fasilitas yang diberikan khusus jamaah lansia ini hampir menyamai dengan jamaah haji plus.

“Tahun depan kita akan membuat kloter lansia. Tujuannya untuk meningkatkan masalah pengawasan kesehatan dan keamanan yang lebih baik,” ungkap Direktur Jendral Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU), Anggito Abimanyu di sela-sela Seminar Nasional Perhajian di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Sabtu (22/12/2012).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Anggito kloter khusus lansia tersebut mendesak untuk diadakan sebab masih ada ribuan calon jamaah haji yang berusia sekitar 82 tahun. Saat melaksanakan haji, masa tinggal mereka lebih pendek sekitar 20-an hari dan tidak 40 hari lagi.

“Istilahnya last in, first out. Masuk terakhir, pulang duluan,” katanya.

Dia mengatakan kloter khusus untuk lansia ini akan ditempatkan dalam satu kloter atau tidak lagi dicampur dengan kloter haji reguler seperti sekarang ini. Diperkirakan calon jamaah yang berusia 80 tahun ke atas sekitar 6 ribu-8 ribu.

“Yang bisa kita realisasikan sekitar 6-8 ribu dulu. Jumlah tersebut sudah sama pendamping atau tidak sendirian. Ini juga sebagai bagian dari peningkatan dan pengawasan kesehatan agar lebih baik,” katanya.

Menurut Anggito, pihaknya juga berencana akan menyewa satu hotel untuk menampung para jamaah lansia. Hotel tersebut akan disediakan berbagai fasilitas untuk para jemaah sehingga jemaah bisa berkonsentrasi melakukan ibadah.

“Jika kita menyewa satu hotel penuh, kita bisa mendirikan tempat perawatan bagi jamaah haji yang selama ini hanya di kamar-kamar hotel,” katanya.

Para jemaah haji lansia ini lagi lanjut dia, tidak perlu mendaftar melalui sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat). Mereka bisa langsung mendaftar dan bisa berangkat tahun itu juga.

Dia menambahkan transportasi, dia menegaskan tidak akan menggunakan bus Abu Sarhad lagi. Sebab banyak bus yang berumur tua dan bagasi kecil. Akibatnya banyak tas milik jamaah yang tidak terangkut. Sedangkan masalah pemondokan untuk hotel transit di Jeddah akan dihilangkan karena banyaknya masalah. Kalau ada yang berangkat dan pulang dari Jeddah akan diinapkan di Makkah. Sebab pemondokan di Makkah sudah disewa selama musim haji juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya