SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Sebanyak dua pasar bakal dibangun 2013 mendatang. Kedua pasar itu yakni Pasar Elpabes dan Pasar Pangkalan angkutan umum non bus antarkota (Papsa).

Ketua Komisi III DPRD Solo, Honda Hendarto, menjelaskan pihaknya berharap kedua pasar tersebut dapat beroperasi di 2013. Dia menerangkan untuk Pasar Papsa detail engineering design (DED) saat ini masih dalam proses penyusunan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pembuatan DED sendiri mendapat alokasi anggaran dari APBD Perubahan 2012. Dia berharap proses lelang DED Pasar Papsa bisa selesai akhir 2012.

Honda menerangkan angkutan umum non bus yang biasa beroperasi selama ini di Papsa bakal dipindah ke Terminal Tirtonadi sisi barat yang segera dioperasikan.

“Travel nanti akan dipindah ke terminal yang baru dan Desember nanti sudah masuk ke terminal,” katanya, Senin (12/11/2012).

Disinggung peruntukan Pasar Papsa, Honda menjelaskan pasar tersebut bakal dimanfaatkan oleh pedagang kaki lima (PKL) di Jl Sabang, Banjarsari. Disinggung anggaran yang digunakan untuk membangun pasar tersebut, politisi PDIP tersebut menyebutkan Pasar Papsa bakal dibangunan menggunakan bantuan anggaran dari APBN melalui Kementerian Perdagangan senilai Rp5 miliar.

Sementara, kucuran anggaran dari APBD Solo untuk Pasar Papsa senilai Rp6 miliar. “Kalau dari APBD bukan pendampingan, tetapi kami menginginkan pasar beroperasi di 2013,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk pembangunan Pasar Elpabes, Honda menerangkan direncanakan mendapatkan kucuran anggaran senilai Rp11 miliar dari APBD Solo. “DED sudah kami alokasikan di APBD Perubahan. Kalau untuk pembangunan pasar ini dari APBD murni. Tidak ada kucuran anggaran dari pusat,” katanya.

Disinggung konsep pasar yang bakal dibangun, Honda menuturkan konsep kedua pasar hampir sama. “Rencananya nanti konsep pasar basement, kemudian lantai dasar dan lantai I. Kalau yang lantai I paling hanya sebagian yang akan digunakan untuk kios sementara lainnya digunakan untuk mushola ataupun kantor pengelola pasar,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya