Susu Kambing Etawa Tingkatkan Kecerdasan Anak

Redaksi Solopos.com
Kamis, 24 Mei 2012 - 09:53 WIB

SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

Orangtua mana yang tidak ingin anaknya cerdas? Namun, yang masih menjadi pertanyaan, apa saja yang dibutuhkan si kecil agar pertumbuhan otaknya menjadi optimal?

Ternyata susu kambing dapat dijadikan salah satu alternatif meningkatkan kecerdasan anak.

Praktisi herbal Bagus Saputra menjelaskan otak merupakan benda yang paling vital dalam tubuh. Organ ini mengatur seluruh bagian dalam tubuh di antaranya gerakan motorik, pengaturan suhu tubuh, pengaturan tekanan darah, emosi dan berbagai macam kegiatan manusia.

“Pertumbuhan otak anak-anak merupakan periode penting karena masa ini adalah periode perkembangan saraf otak tercepat. Selanjutnya otak anak akan terus berkembang hingga usia lima tahun,” ujarnya saat ditemui Harian Jogja di tokonya di Kerangbendo, Caturtunggal, Depok, Sleman, Rabu (23/5).

Bagus menambahkan, faktor yang paling penting untuk pembentukan otak adalah nutrisi. Menurutnya, orangtua perlu tahu nutrisi seperti apa yang berperan dalam pembentukan otak sang buah hati.

“Susu merupakan minuman alami yang mempunyai banyak manfaat. Salah satunya adalah susu kambing. Mungkin di antara kita masih asing mendengar istilah susu kambing, karena kebanyakan susu yang dikonsumsi di masyarakat kita adalah susu sapi,” ujarnya.

Selain itu, masih sedikit masyarakat yang beternak kambing untuk diambil susunya. Mereka lebih banyak memanfaatkan kambing untuk diambil dagingnya. Namun susu kambing ini dihasilkan bukan dari jenis kambing biasa, melainkan dari kambing jenis etawa.

Etawa merupakan bangsa kambing terpopuler yang berasal dari India. Etawa dipelihara sebagai ternak penghasil susu di India dan Asia. Susu kambing ini memiliki kandungan gizi di antaranya sodium, fluorin, kalsium, dan fosfor Di samping itu masih ada juga nutrisi lain sama dengan yang terkandung dalam susu sapi.

“Nutrisi yang diyakini dapat meningkatkan kualitas otak anak adalah riboflavin, vitamin B2 dan B3. Zat tersebut terkandung pada susu kambing etawa dan berperan dalam menumbuh kembangkan sel otak dan sel sistem saraf yang baik bagi kecerdasan anak,” ungkapnya.

Kelebihan lain yang dimiliki susu kambing ini yakni memiliki tekstur lemak yang lembut dan halus. Ukuran butiran lemaknya lebih kecil dari susu sapi dan asam lemaknya berantai pendek dan sedang sehingga lebih mudah dicerna dan tidak menimbulkan alergi atau diare.

Journal of American Medicine juga menyebutkan susu kambing merupakan makanan paling lengkap yang diketahui. Susu kambing mengandung vitamin, elektrolit, mineral, unsur kimiawi, enzim, protein, dan asam lemak yang bermanfaat bagi tubuh. Bahkan, tubuh dapat mencerna susu kambing lebih cepat (20 menit), dibanding mencerna susu sapi yang membutuhkan waktu kurang lebih tiga jam.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif