Susu Etawa Obati Infeksi Paru-paru

Redaksi Solopos.com - Solopos.com
Rabu, 13 Juni 2012 - 09:01 WIB

SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

Susu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tidak terkecuali susu kambing khususnya jenis etawa. Meskipun belum begitu familier, khasiat susu kambing etawa cukup tinggi dalam membantu menyembuhkan flek paru-paru dan penyakit pernapasan lainnya.

Peternak dan pengolah susu kambing etawa, Bondan Kusuma menyampaikan, jenis kambing etawa merupakan jenis kambing populer yang berasal dari India. Kambing etawa menghasilkan susu dengan banyak kandungan gizi. “Kandungan gizi paling dominan sodium (Na), Fluorin (F), Kalsium (C), dan Fosfor(P). Juga nutrisi-nutrisi lain yang terkandung dalam susu,” ujar Bondan, Senin (11/6).

Berbeda dari susu sapi yang dikonsumsi sehari-hari untuk kebugaran, susu kambing etawa memiliki manfaat membantu penyembuhan penyakit. Dari hasil penelitian ahli dan pengalaman penderita, konsumsi susu kambing etawa mampu menyembuhkan gangguan pernafasan seperti flek paru-paru, asma, TBC, asam urat, rheumatik, kolesterol, diabetes, dan hepatitis.

“Dengan konsumsi khusus bisa juga mengatasi ganguan asam lambung, maag, alergi, darah tinggi dan darah rendah. Kandungan kalsium yang tinggi bermanfaat untuk membantu penyembuhan rematik dan mencegah osteoporosis,” lanjut Bondan.

Susu kambing etawa sendiri memiliki tekstur lemak yang lembut dan halus. Dijelaskannya, butiran lemak berukuran lebih kecil dari susu sapi, dengan asam lemak berantai pendek dan sedang dan laktase yang ringan. Dengan demikian susu kambing lebih mudah dicerna dan tidak menimbulkan alergi ataupun diare.

Sebagai perantara penyembuh infeksi pada paru-paru, susu kambing etawa mempunyai zat yang bisa memperbaiki sel-sel rusak dalam paru-paru. Karena itu, susu etawa dipakai untuk pengobatan gangguan paru-paru.

Sebagai komoditas konsumsi, susu kambing etawa mudah di serap tubuh manusia. Tidak heran apabila susu dapat di minum bayi di atas enam bulan, lanjut usia, dan baik bagi penderita radang usus.

Dari tingkat keasamannya, keasaman susu kambing relatif basa, sehingga cocok untuk penderita gangguan perut dan pencernaan. Dalam kondisi lambung dengan kadar asam tinggi, susu kambing bisa menetralkannya.

Selain mengonsumsi obat atas rujukan dokter, anak dengan infeksi paru-paru, Andari juga mengonsumsi susu kambing etawa setidaknya dua atau tiga kali dalam satu minggu. “Seringnya beli yang susu segar, sebotol 500 mili harganya Rp22 ribu bisa diminum tiga kali,” kata ibu Andari, Siti Zubaida.

Siti mengatakan, Andari terhitung positif terinfeksi sejak tiga bulan terakhir, sementara ia mulai mengonsumsi susu kambing etawa dua bulan terakhir. “Hasilnya bagus, anaknya mulai sehat,” ujar Siti.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif