SOLOPOS.COM - ilustrasi.dok

ilustrasi.dok

JOGJA–Dinas Pariwisata DIY mencatat terjadi kenaikan jumlah wisatawan lokal ke DIY hingga 50,36% pada tahun 2012. Jika di tahun sebelumnya, terdapat 1.438.129 orang, naik menjadi 2.262.422 orang di tahun 2012, atau bertambah hingga 724.293 orang.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

“Kenaikan jumlah wisatawan lokal atau wisatawan nusantara cukup fantastik di 2012 lalu, bahkan selama beberapa tahun terakhir, 2012 lalu termasuk yang tertinggi,” kata Kepala Seksi Bidang Promosi Dinas Pariwisata DIY Putu Kertiyasa saat ditemui dikantornya, Selasa(26/2/2013).

Kenaikan wisatawan lokal tersebut, kata dia, di dominasi oleh grup wisatawan yang merupakan anak-anak sekolah atau program darma wisata dari sekolah-sekolah. Kemudian disusul dari keluarga dan perusahaan serta juga tamu Meeting, Invention, Convention and Exhibition (MICE).

“Jika selama ini banyak yang memilih Bali, kini Jogja pun makin dilirik oleh sekolah-sekolah untuk darma wisata, mungkin banyak yang sudah merasakan macetnya di Bali dan akhirnya kembali ke DIY,” imbuhnya.

Menurut Putu, peningkatan kunjungan paling signifikan terjadi di masa liburan anak-anak sekolah yakni di Mei sebanyak 202.168 orang dan tertinggi di Juni yang mencapai 217.423 orang.

“Selain bulan tersebut, peningkatan kunjungan yang drastis juga terjadi di akhir tahun, tepatnya di November yang mencapai 202.635 dan Desember 197.277 wisatawan,” jelasnya.

Putu berharap kenaikan yang signifikan tidak membuat insan pariwisata berpuas diri. Namun, insan pariwisata di DIY harus terus berbenah dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi tamu-tamu yang hadir ke DIY. Selain itu, pembenahan juga akan terus dilakukan bekerja sama dengan stake holder.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya