SOLOPOS.COM - ilustrasi. (dok Solopos)

Solo (Solopos.com)–Target perolehan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir di Kota Solo tahun 2012 mendatang, bakal dinaikkan menjadi sekitar Rp 3 miliar dari tahun sebelumnya Rp 1,9 miliar.

ilustrasi. (dok Solopos)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kenaikan target PAD parkir tersebut disepakati dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) 2012 yang telah diparipurnakan di Gedung Dewan, Jumat (25/11).

Hal itu juga menyusul ditetapkannya Peraturan Daerah (Perda) No 9/2011 tentang Retribusi Daerah.  Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Solo, Abdullah AA mengemukakan dalam pembahasan KUA-PPAS 2012 sebelumnya, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkot Solo mentargetkan pencapaian PAD retribusi parkir tahun 2012 senilai Rp 2,5 miliar. Namun Badan Anggaran (Banggar) mentargetkan PAD dari sektor tersebut seharusnya bisa mencapai Rp 3,8 miliar.

“Dari Banggar mentargetkan perolehan PAD dari retribusi parkir bisa mencapai Rp 3,8 miliar dengan memperhitungkan potensi, perkiraan jumlah kendaraan dan tarif parkir yang berlaku. Pada tahun 2010, katakanlah, tarif parkir sesuai Perda senilai Rp 500, dengan asumsi Rp 200 untuk Pemkot dan Rp 300 untuk pengelola parkir. Untuk tahun 2011 saja PAD senilai Rp 1,9 miliar. Nah, kalau mulai tahun depan tarif parkir dinaikkan, misalnya dari Rp 500 menjadi Rp 1.000, atau sekitar 100 persen, seharusnya target PAD pun bisa naik 100 persen, sehingga perkiraan pencapaian PAD dari sektor retribusi parkir tersebut bisa mencapai Rp 3,8 miliar” terangnya.

Namun setelah ada rasionalisasi, Abdullah menyebutkan target PAD retribusi parkir disepakati hanya senilai Rp 3 miliar. Sementara itu, Anggota Banggar DPRD lainnya, Hartanti menegaskan meskipun telah disepakati dan ditetapkan dalam KUA-PPAS 2012, nilai target tersebut masih bisa dikaji lebih lanjut dalam pembahasan di tingkat komisi.

(shs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya