SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Proyek pengembangan dan pembangunan sub-stasiun Tugu Jogja akan dimulai pada awal 2012. Pengembangan proyek telah dibicarakan bersama antara pemerintah provinsi DIY, pemerintah kota Jogja, Bappeda, dan PT KAI.

Direktur Utama PT KAI Ignatius Jonan mengatakan, tim penanganan proyek telah menyiapkan detail engineering design (desain teknis) yang akan dibahas lebih lanjut dalam 2-3 bulan kedepan. “Sudah buat (detail engineering design), tahun depan target jalan (pembangunannya). Kami siap dan tidak akan tunda lagi,” ujarnya kepada Harian Jogja, kemarin (7/9).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Disampaikannya, desain pembangunan dirancang satu paket antara pengembangan stasiun dengan komplek kawasan bisnis dan perkantoran yang direncanakan pemprov DIY dan pemkot Jogja. Namun menurut Jonan, pengerjaannya akan dilakukan secara bertahap.

Selanjutnya, dalam persiapan pengembangan dan pembangunan sub-stasiun, Jonan mengungkapkan pihaknya akan segera melakukan  sosialisasi kepada pihak-pihak terkait misalnya para pedagang dan warga sekitar stasiun. Menurut Jonan, sosialisasi perlu dilakukan dengan baik agar tidak ada pihak yang dirugikan.

Rencana pembangunan awal akan dimulai dengan pembenahan area parkir di dalam komplek stasiun. Selanjutnya pembangunan bertahap ke beberapa titik di area stasiun sendiri.

Terkait pengembangan dan pembangunan sub-stasiun Tugu, penghageng Panitikismo Keraton Jogja, GBPH Hadiwinoto menyampaikan hingga kini pihak Keraton telah sepakat dengan pembangunan yang akan menggunakan sebagian besar sultan ground itu. Menurut Hadiwinoto, investarisasi tanah sudah dilakukan dan tinggal menunggu informasi pembangunan oleh PT KAI.(Harian Jogja/Pamuji Tri Nastiti)

Foto Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya