SOLOPOS.COM - Hanung Tri Hutomo (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Hanung Tri Hutomo (JIBI/SOLOPOS/Dok)

KLATEN–Pabrik Gula (PG) Gondang Baru Klaten menargetkan mampu menggiling 180.000 ton tebu pada musim giling tahun ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Administratur PG Gondang Baru, Hanung Tri Hutomo saat ditemui wartawan di kantornya, Senin (6/2/2012), mengatakan target penggilingan tebu tahun ini mengalami peningkatan daripada tahun lalu. Tahun 2011 lalu, pihaknya menargetkan mampu menggiling 140.000 ton tebu. Kendati target 2011 itu meleset menjadi 110.000 ton tebu, Hanung tetap menargetkan penggilingan 180.000 ton tebu pada tahun ini.

“Sejak 2008 lalu, realisasi penggilingan tebu selalu mengalami penurunan. Ada banyak hal penyebabnya di antaranya menyusutnya luasan lahan perkebunan tebu dan pola tanam,” terang Hanung.

Untuk mengejar target pengilingan tebu hingga 180.000 ton, Hanung menjelaskan, PG Gondang Baru melakukan sejumlah inovasi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah membongkar untuk mengembalikan tingkat kesuburan. “Idealnya, satu tunas tebu itu bertahan hingga empat tahun. Tetapi, banyak lahan yang belum dibongkar kendati tunas tebunya sudah berusia 10 tahun. Hal itu tentu mempengaruhi tingkat kesuburan lahan. Kami juga akan menggunakan varietas tebu pilihan untuk mengejar target itu,” tandas Hanung.

(JIBI/SOLOPOS/Moh Khodiq Duhri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya