SOLOPOS.COM - Wardoyo Wijaya (JIBI/SOLOPOS/dok)

Sukoharjo (Solopos.com) – Pemkab Sukoharjo akan mengupayakan kenaikan honor guru-guru lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) yang saat ini dinilai masih belum layak. Hal itu sekaligus untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Kota Makmur.

Wardoyo Wijaya (JIBI/SOLOPOS/dok)

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, menegaskan guru-guru PAUD merupakan komponen penting untuk memperbaiki dan memajukan dunia pendidikan. Namun sekarang ini penghargaan atas pengabdian pendidik PAUD belum memadai, sehingga harus ditingkatkan.
“Dengan pekerjaan yang amat berat, guru-guru PAUD hanya menerima Rp 150.000 sampai Rp 200.000 per bulan. Kami harapkan honor mereka dinaikkan meski jumlahnya tidak terlalu besar,” ujarnya saat membuka acara Ajang Kreativitas Anak Usia Dini dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional di Gedung Budi Sasono Sukoharjo, Senin (20/6).

Bupati mengatakan kenaikan honor guru-guru PAUD di Kabupaten Sukoharjo diharapkan bisa terealisasi pada 2012. Besaran kenaikan diperkirakan senilai Rp 50.000 per orang dan dialokasikan melalui APBD. Selain untuk meningkatkan kesejahteraan, kenaikan honor itu juga bertujuan meningkatkan prestasi dan kinerja para pendidik PAUD.

Wardoyo juga mengemukakan sampai 2011 jumlah PAUD di seluruh Sukoharjo tercatat 140-an lembaga. Padahal sesuai jumlah desa dan kelurahan, setidaknya ada 167 PAUD di wilayah setempat. “Mudah-mudahan dengan kenaikan honor, jumlahnya terus bertambah dan minimal ada satu PAUD di tiap desa dan kelurahan.”

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukoharjo, Djoko Raino Sigit, menyebutkan selama ini pembiayaan honor guru PAUD berasal dari APBN, APBD provinsi, serta APBD kabupaten/kota. Untuk kenaikan honor pada tahun 2012, kata dia, Disdik akan mengajukan anggaran pada periode tahun berjalan sesuai instruksi dari Bupati Wardoyo Wijaya.

Dia juga mengemukakan sesuai data Disdik guru PAUD di Sukoharjo tercatat sebanyak 400-an orang. “Sesuai arahan dari Pak Bupati nanti kami ajukan anggaran untuk kenaikan honor tahun 2012. Tetapi besarannya berapa itu belum, akan kita olah lagi sesuai dengan data yang ada. Yang jelas jumlah guru PAUD relatif sedikit, sekitar 400 orang saja,” ujarnya.

try

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya