SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)--Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengalokasikan dana program Pelayanan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS) pada tahun 2011 senilai Rp 19 miliar.

Sebanyak Rp 6 miliar di antaranya digunakan untuk membayar tunggakan pembayaran klaim PKMS tahun 2010.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Komisi IV DPRD Kota Solo, Zainal Arifin saat ditemui wartawan di kantornya, Rabu (22/12), mengemukakan tunggakan pembayaran klaim PKMS setiap tahun memang selalu terjadi lantaran pembayarannya dilakukan tiga bulan sekali.

“Jadi, untuk pembayaran klaim beberapa bulan terakhir dilakukan tahun berikutnya. Ada tunggakan senilai Rp 6 miliar di tahun 2010 yang harus dibayarkan di tahun depan,” kata Zainal.

Dia menjelaskan, dengan adanya pembayaran tunggakan klaim di tahun 2010, maka alokasi PKMS di tahun 2011 menyisakan Rp 13 miliar.

Dia menilai, jumlah itu masih jauh dari kebutuhan mengingat berdasarkan dana dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, peserta PKMS di tahun 2011 mencapai 354.528 jiwa. Jumlah itu mengalami peningkatan sebanyak 26.116 jiwa mengingat pada tahun sebelumnya mencapai 328.412 jiwa.

Jika diasumsikan pembayaran premi setiap jiwa Rp 7.200/bulan, maka dalam setahun membutuhkan dana hingga Rp 30,6 miliar. Jumlah itu belum termasuk Rp 6 miliar dari tunggakan pembayar klaim di tahun 2010.

mkd

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya