SOLOPOS.COM - (malariaresearchfoundation.com)

Klaten (Solopos.com)–Jumlah penderita penyakit malaria di Kabupaten Klaten selama Januari-November 2011 mencapai lima orang.

(malariaresearchfoundation.com)

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kasi Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Heri Martanto saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (14/11/2011) mengatakan lima kasus malaria tersebut merupakan penyakit bawaan dari luar Jawa yakni Kalimantan dan Irian Jaya.

“Penyakit malaria di sini dipengaruhi mobilisasi penduduk. Mereka sudah terserang malaria sejak berada di luar Jawa sehingga pulang ke Klaten sudah dalam keadaan sakit,” papar Heri.

Lebih lanjut, Heri menjelaskan, penyakit malaria sudah menyerang tujuh warga selama tahun 2010. Sementara pada 2009, empat warga juga terserang jenis penyakit ini.

Rata-rata malaria ini menyerang warga di usia produktif. Menurutnya, Kabupaten Klaten bukanlan endemis penyakit malaria.

“Penyakit ini biasanya ditularkan nyamuk di daerah hutan seperti di Kecamatan Kemalang. Tetapi, sejauh ini penyakit malaria di Klaten itu dibawa dari daerah luar,” jelasnya.

(mkd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya