SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali  (Solopos.com)–Tahun 2011 ganti rugi tanah dan bangunan yang terkena proyek tol Solo-Mantingan di Desa Sindon Kecamatan Ngemplak diperkirakan selesai.

Dari 183 bidang milik warga sebanyak 146 telah mendapat ganti rugi. Sisanya sejumlah 37 bidang belum mendapat ganti rugi dan masuk pada tahap keenam. “Pemberian ganti rugi sudah sampai tahap kelima. Sisa 37 bidang, 30 bidang telah diserahkan surat serta syarat-syaratnya,” tutur Kepala Desa Sindon, Supardi saat ditemui Espos di Balai Desa, Kamis (10/3/2011).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Supardi menambahkan 30 bidang milik warga telah diserahkan tinggal menunggu 7 bidang sisanya kemudian diproses. Sejumlah 37 bidang tersebut masuk tahap keenam ganti rugi jalan tol Solo-Mantingan. Proses ganti rugi diutamakan tanah  pekarangan dan sawah milik warga. Sementara jalan dan saluran milik kas desa sebanyak 25 bidang akan diurus setelah semua milik warga selesai. Hanya beberapa bidang milik warga yang belum mau menyerahkannya. “Mereka masih kurang setuju dengan harga yang ditawarkan. Akan tetapi, kami optimis 2011 soal ganti rugi sudah selesai,” papar Supardi.

Ekspedisi Mudik 2024

Harga yang disepakati oleh warga pun beragam dan terbagi-bagi dalam beberapa kelas. Di antaranya tanah pekarangan satu Rp 300.000, tanah pekarangan dua Rp 275.000, tanah pekarangan tiga Rp 250.000. Sementara untuk sawah dibagi sawah satu Rp 175 ribu dan sawah dua Rp 150.000.

“Selama proses ini dari awal hingga tahap kelima lumayan lancar. Tidak ada tanah sengketa. Tanah yang telah ditinggal pemiliknya pun ahli warisnya jelas,” papar Supardi. Tahun 2011 anggaran dari pemerintah lebih banyak sehingga persoalan ganti rugi di beberapa desa di Kecamatan Ngemplan diperkirakan cepat selesai.

(m90)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya