SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Solo (Espos)–
Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Solo akan melakukan pagarisasi hijau alias penggantian pagar beton dengan pagar hijau di empat instansi pada tahun 2010 ini.

Empat instansi tersebut adalah kantor DKP, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop & UKM) serta Kantor Pemadam Kebakaran. Pagarisasi dimulai Juni ini dan dijadwalkan berlangsung secara bertahap hingga Oktober tahun ini. Selain instansi, pagarisasi hijau juga bakal diterapkan untuk kalangan swasta dan masyarakat umum.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala DKP Solo, Satrio Teguh Subroto menerangkan pagarisasi hijau diharapkan melengkapi upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk menambah kawasan ruang terbuka hijau (RTH) di Solo. Untuk tahap pertama, pihaknya akan melakukan pagarisasi hijau di kantor DKP akan dilakukan akhir Juni. Sedangkan, pagarisasi hijau di tiga kantor instansi Pemkot lain direncanakan pada Agustus-September tahun ini. “Untuk instansi swasta dan masyarakat umum, masing-masing akan kami coba satu atau dua. Sekedar untuk memberi contoh. Tahun 2011 baru akan intens kami lanjutkan,” papar Satrio, saat ditemui wartawan, di Balaikota, Senin (21/6).

Terkait kebutuhan tanaman, Satrio menjelaskan DKP Solo masih memiliki persediaan tanaman. Tahun ini, DKP telah menyediakan ribuan bibit tanaman dengan anggara APBD 2010 senilai Rp 300 juta. Untuk pagarisasi hijau, pihaknya bakal lebih banyak membutuhkan tanaman jenis palem, perdu dan tanaman sejenis lain. Dia menambahkan, di tahun 2011, DKP akan mengusulkan pengadaan tanaman lebih banyak lagi, dengan nilai anggaran berkisar Rp 600 juta.

tsa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya