SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi


Klaten (Espos)–
Produktivitas tembakau Kabupaten Klaten tahun 2009 mencapai 3.702.99 ton. Banyaknya jenis tembakau yang diproduksi membuat Klaten dinilai sebagai barometer tanaman ini di Jawa Tengah.

Kasi Produksi dan Pengembangan Usaha, Bidang Perkebunan dan Kehutanan, Dinas Pertanian (Dispertan) Pemkab Klaten, Joko siswanto mengatakan, ke-3.702.99 ton tersebut terdiri atas lima jenis tembakau yakni rajangan, asepan, virginia, vorstenland VBN, dan vorstenland No.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Joko menilai, Kabupaten Klaten telah menjadi barometer perkebunan tembakau di Jawa Tengah (Jateng) lantaran mampu memproduksi lima jenis tembakau tersebut. Menurutnya, iklim dan kondisi tanah yang gembur, membuat Klaten berpotensi ditanami berbagai jenis tembakau di atas. Hal itulah yang membedakan produktivitas tembakau lebih beragam dibandingkan dengan daerah lain.

Ekspedisi Mudik 2024

“Tidak semua jenis tembakau yang ditanam di Klaten bisa dibudidayakan di daerah lain. Sebab, masing-masing daerah mempunyai tingkat iklim dan tingkat kegemburan tanah yang berbeda-beda,” papar Joko saat ditemui Espos di kantornya, Kamis (3/12).

Di antara kelima jenis tembakau tersebut, dua jenis tembakau yakni asepan dan rajangan mempunyai produktivitas tertinggi. Jenis asepan mempunyai produktivitas tertinggi dengan 2.363.933 ton. Sementara jenis tembakau rajangan produktivitasnya mencapai 917.486 ton.

Moh Khodiq Duhri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya