Tutup Iklan

2.000 Ha Tanaman Padi di Cilacap Kebanjiran

Sekitar 2.000 ha tanaman padi di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, terdampak banjir yang terjadi pada pertengahan bulan Januari. Demikian diungkapkan Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Erma Syahyuni, Kamis (24/1/2019).

2.000 Ha Tanaman Padi di Cilacap Kebanjiran

SOLOPOS.COM - Ilustrasi banjir area persawahan di Desa Mujur Lor, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap yang baru ditanami padi dengan usia 15-30 hari terendam banjir setelah tanam. (Antara-Sumarwoto)

Solopos.com, CILACAP — Sekitar 2.000 ha tanaman padi di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, terdampak banjir yang terjadi pada pertengahan bulan Januari. Demikian diungkapkan Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Erma Syahyuni, Kamis (24/1/2019).

"Tanaman padi di area persawahan seluas 2.000-an ha yang terendam banjir itu berusia sekitar dua minggu hingga satu bulan setelah tanam," katanya. Akan tetapi berdasarkan laporan dari petugas di lapangan hingga Kamis, kata dia, dari luas tanaman padi tersebut belum ada yang dilaporkan puso karena genangan airnya sudah mulai surut.

Ia mengatakan ribuan hektare tanaman padi tersebut tergenang banjir selama empat hingga lima hari. "Semoga tanamannya masih bisa bertahan sehingga tidak sampai puso karena genangannya sudah mulai surut," katanya.

Kendati hingga saat sekarang belum ada laporan terkait dengan tanaman padi yang puso, dia mengatakan Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap siap mengusulkan kepada Kementerian Pertanian agar petani yang tanamannya puso bisa mendapatkan bantuan benih sehingga mereka dapat menanam ulang.

Lebih lanjut, Erma mengatakan Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap sebenarnya sudah menyarankan petani yang sawahnya berada di daerah rawan banjir untuk mengikuti program asuransi usaha tani padi (AUTP). "Tapi kelihatannya petani masih ada yang mau melaksanakan, ada yang belum berminat," katanya.

Ia mengatakan berdasarkan informasi dari Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, luasan sawah yang sudah diikutsertakan dalam program AUTP masih di bawah 1.000 ha. Seperti diwartakan, sejumlah wilayah Kabupaten Cilacap tergenang banjir akibat hujan lebat yang terjadi pada tanggal 16 Januari 2019.

Banjir tersebut tidak hanya menggenangi permukiman juga merendam area persawahan yang baru ditanami padi dengan usia tanaman berkisar 15-30 hari setelah tanam. Berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan lebat masih berpotensi terjadi hingga tanggal 30 Januari 2019 sehingga warga yang bermukim di daerah rawan banjir diimbau untuk waspada terhadap kemungkinan terjadinya bencana tersebut.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Tembok Dilubangi, Toko Elektronik di Boyolali Disatroni Maling, Kerugian Tembus Rp100 Juta

Sebuah toko elektronik di Jl Pandanaran, Boyolali, menjadi sasaran pencurian. Kejadian itu menyebabkan kerugian hingga sekitar Rp100 juta.

Meski Sudah Divaksin, Wali Kota Salatiga Terpapar Covid-19

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto terpapar Covid-19 meski telah menjalani vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac pada Februari lalu.

Perusahaan Perkebunan Serat Terbesar Hindia Belanda Ada Di Wonogiri Loh, Ini Lokasinya

Perusahaan perkebunan serat yang memproduksi tali tambang kapal, karung goni, dan lain-lain pada masa Hindia Belanda ada di Wonogiri.

Tempe Bacem Kaleng Magelang Melintasi Melintasi Pasar Dunia

Usaha menengah kecil dan mikro di Kabupaten Magelang terus berinovasi, salah satunya pengrajin tempe dalam kaleng yang justru diminati pasar luar negeri.

Covid-19 Varian India di Kudus, Ini Langkah Gubernur Ganjar

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, meminta sejumlah pemerintah kabupaten di Jateng mencanangkan gerakan di rumah saja.

2 SMKN Jogja Ini yang Masuk Top 1.000 Sekolah Terbaik

Jogja punya sekolah menengah kejuruan negeri terbaik yang bisa lolos dalam Top 1.000 sekolah terbaik nasional berdasarkan nilai rerata TPS UTBK tertinggi pada tahun 2020.

Braak, Sepeda Motor Terjepit Seusai Tabrak Bus BST Dekat Flyover Purwosari Solo 

Kecelakaan lalu lintas antara Bus BST dan sebuah sepeda motor terjadi di Jl. Slamet Riyadi atau sisi timur Flyover Purwosari pada Minggu (13/6/2021)

Solo Uji Coba Angkutan Bus Listrik dan Bus Low Deck, Lewat Koridor Mana?

Bus listrik dan bus low deck segera diuji coba di jalanan Kota Solo, rencananya angkutan feeder juga akan diganti mobil bertenaga listrik.

Tradisi Memanggil Jin di Daerah Ini Jadi Atraksi Wisata

Tarian yang berisi tradisi memanggil jin ini telah menjadi bagian dari pertunjukan untuk menyambut tamu-tamu penting yang datang.

Tanpa Lelah, Petugas Rutin Sterilisasi Asrama Haji Donohudan Boyolali

Sterilisasi kawasan Asrama Haji Donohudan di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, terus dilakukan untuk menekan potensi persebaran Covid-19.

Tahu Bakso, Kudapan Khas Ungaran yang Bikin Nagih

Selain dikenal dengan lumpia dan juga bandeng presto, Semarang juga memiliki jajanan khas, yaitu tahu bakso yang aslinya berasal dari Kota Ungaran.

Covid-19 India di Kudus, Gubernur Ganjar Minta Petugas Lebih Waspada

Petugas yang menangani pasien Covid-19 di  Kudus meningkatkan kewaspadaan menyusul terdeteksinya persebaran Covid-19 varian India di sana.