Para penari soreng yang bakal tampil di Istana Negara pada HUT ke-74 RI berlatih di halaman Kantor Setda Kabupaten Magelang. (Antara-Pamkab Magelang)

Solopos.com, MUNGKID — Sebanyak 200 penari soreng dari Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dijadwalkan tampil di Istana Kepresidenan Jakarta dalam Peringatan Hari Kemerdekaan atau hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia ke-74, Sabtu (17/8/2019) ini.

"Kita patut berbangga seni tari soreng yang kita miliki diberi kesempatan pentas di Istana Negara pada 17 Agustus 2019," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Endra Endah Wacana di Mungklid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (2/8/2019).

Keikutsertaan para penari soreng itu, menurut dia membuktikan bahwa kebudayaan dari Magelang sudah dikenal dan diperhitungkan di tingkat nasional. Ia pun berpesan kepada tim Tari Soreng Kabupaten Magelang untuk berlatih secara intensif dan tampil secara maksimal dalam pentas kesenian tersebut.

"Jangan sia-siakan kesempatan emas ini. Kita harus menampilkan kesenian soreng ini dengan sebaik-baiknya. Jutaan pasang mata akan ikut menyaksikan penampilan soreng kita ini. Mari tampilkan yang terbaik," jelasnya.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Magelang, Ahmad Husein mengatakan berdasarkan Undang Undang Kebudayaan, saat kongres kebudayaan tahun 2018, Bupati Magelang telah menyerahkan pokok-pokok pikiran dan kebijakan kebudayaan daerah. Di dalamnya menjelaskan bahwa Kabupaten Magelang memiliki potensi budaya, di mana semua itu sudah didaftarkan oleh Bupati Magelang, salah satunya adalah seni budaya tradisional tari soreng tersebut.

"Melalui inilah kita terdeteksi memiliki satu dari sekian banyak kesenian, yang akhirnya diberi kesempatan untuk bisa tampil di Istana Negara pada 17 Agustus 2019," katanya.

Ia mengemukakan saat ini tim soreng Kabupaten Magelang telah melakukan persiapan dan proses latihan intensif yang ditangani oleh pelatih dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. "Jumlah personel penari ada 200 orang yang terdiri dari siswa SD, SMP, dan masyarakat dari Kecamatan Grabag, Pakis, dan Ngablak, ditambah tim official. Pentas soreng secara kolosal ini ditangani langsung oleh pelatih dari ISI Surakarta," jelasnya.

Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana merasa bangga atas kesempatan yang telah diberikan kepada Kabupaten Magelang untuk mementaskan kesenian di Istana Negara. Ia meminta seluruh pemain atau personel tim pembawa Tari Soreng Kabupaten Magelang benar-benar mempersiapkan secara matang.

Tim soreng, kata dia, dimintanya tetap membawa nama baik Kabupaten Magelang saat pentas di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. Tim pembawa Tari Soreng Kabupaten Magelang diberangkatkan ke Jakarta Selasa (13/8/2019).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten