SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, AMSTERDAMLukisan karya maestro Pablo Picasso yang hilang selama 20 tahun akhirnya ditemukan. Seorang detektif seni asal Belanda, Arthur Brand, mengaku telah memperbaiki lukisan berharga karya Pablo Picasso yang dicuri dari yacth mewah di Prancis.

Dikabarkan The Washington Post, Rabu (27/3/2019), Arthur Brand menyatakan telah mengambil alih kepemilikan lukisan bernama Buste de Femme itu. Hal itu disampaikan sekitar dua pekan lalu setelah melakukan pencarian terhadap karya legendaris Pablo Picasso yang dibuat pada 1938 lalu selama bertahun-tahun di Amsterdam, Belanda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kini, lukisan Pablo Picasso tersebut diserahkan kepada pihak asuransi. Arthur Brand mengetahui keaslian lukisan itu setelah menyentuh plastik yang membungkus kanvasnya. Sampai saat ini, ktidak diketahui pasti apa yang terjadi dengan lukisan itu selama menghilang.

Pada 1999, lukisan karya Pablo Picasso itu dicuri dari kapal pesiar pengusaha Arab Saudi, Abdul Mohsen Abdulmalik Al Sheikh di Antibes, Prancis. Pengusaha itu membelinya pada 1980-an dari Galeri Pace di New York, Amerika Serikat. Sejak 1999, lukisan yang kala itu berharga US$4,5 juta atau sekitar Rp64 miliar itu tidak pernah terlihat lagi.

Pada 2015, Arthur Brand mendengar kabar lukisan Pablo Picasso yang hilang. Dia pun tertarik mencari tahu keberadaan lukisan itu. Akhirnya, muncul titik terang karya legendaris itu ada di lingkaran penjahat Belanda selama 20 tahun terakhir.

Sejak dinyatakan hilang, ada sejumlah pemalsu yang menawarkan lukisan karya Pablo Picasso ke pihak asuransi. Namun, semua lukisan itu ditolak karena tidak terbukti keasliannya. Setelah sekian lama mencari, akhirnya Arthur Brand menemukan orang yang memiliki lukisan tersebut sekitar 10 tahun lalu. “Lukisan itu dipakai sebagai pembayaran atas transaksi narkoba dan senjata,” kata Arthur Brand.

Akhirnya, orang yang memegang lukisan tersebut menghubungi Arthur Brand. Dia ingin melepaskan lukisan tersebut. Arthur Brand lantas mengambil lukisan itu dan menyerahkannya kepada pihak asuransi. Tidak ada orang yang ditahan akibat pencurian ini.

Menurut kepolisian setempat, memiliki lukisan tersebut menjadi beban berat. Jadi, memberikan lukisan ke Arthur Brand adalah tindakan yang tepat. Buste de Femme merupakan lukisan cukup terkenal dari Pablo Picasso. Lukisan ini bisa dikembalikan ke pemilik awal jika mampu membayar premi asuransi sebesar 4 juta Euro atau sekitar Rp64 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya