SOLOPOS.COM - Ilustrasi larangan merokok. (Reuters)

Solopos.com, SOLO — Banyak perokok bilang susah untuk menghentikan kebiasaan mengisap asap tembakau. Namun tahukah Anda jika berhenti merokok akan langsung berpengaruh positif pada organ tubuh dalam waktu cepat?

Lembaga pelayanan kesehatan masyarakat asal Inggris, National Health Service (NHS), seperti dikutip dari Daily Star, Minggu (17/11/2019), mengungkapkan detak jantung akan kembali normal 20 menit setelah berhenti merokok.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setelah delapan jam berhenti merokok, kadar nikotin dan karbon monoksida dalam darah Anda akan berkurang lebih dari setengah. Lalu kadar oksigen dalam darah juga kembali normal setelah berhenti merokok.

Ekspedisi Mudik 2024

Bukan hanya itu, karbon monoksida dalam tubuh akan berkurang drastis setelah 48 jam tak mengisap asap rokok. Pada titik itu, paru-paru akan membersihkan lendir dan mengisap puing-puing dari tubuh.

Beberapa orang mungkin juga akan mengalami peningkatan kemampuan indra penciuman lantaran tak ada lagi nikotin yang tersisa di dalam tubuh. Selang 72 jam, pernapasan Anda akan lebih mudah, saluran bronkial akan rileks dan Anda merasa lebih energik.

Setalah 12 pekan tak merokok, sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh Anda akan meningkat. Anda baru bisa merasakan peningkatan fungsi paru-paru hingga 10% setelah tiga bulan hingga sembilan bulan berhenti merokok. Anda juga akan lebih jarang batuk.

Jika Anda berhasil berhenti merokok selama satu tahun, risiko penyakit jantung akan menurun hingga setengahnya. NHS mengklaim risiko kanker paru-paru juga akan menurun setelah 10 tahun berhenti merokok.

Terlepas dari penurunan risiko kanker paru-paru, NHS menegaskan berhenti merokok bukan berarti tak berisiko terkena kanker paru-paru. Pasalnya, ada beberapa orang yang mengalami kanker paru-paru meski bukan perokok aktif.

Di sisi organ reproduksi, orang yang berhenti merokok juga akan lebih subur. Selain itu, gigi dan kulit akan memiliki penampilan lebih baik jika mampu berhenti merokok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya