SOLOPOS.COM - Direktur Akademi Teknik Warga (ATW) Surakarta, Y. Yulianto Kristiawan, mewisuda lulusan Ahli Madya Program D3 Angkatan 23 di Graha Wisata Niaga, Sabtu (16/11/2013). (Binti S/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO – Sebanyak 20% lulusan Akademi Teknik Warga (ATW) tidak hadir dalam pelaksanaan Wisuda Ahli Madya Program D3 Angkatan 23 di Graha Wisata Niaga, Sabtu (16/11/2013). Pasalnya mereka telah diterima kerja di industri-industri di wilayah Jawa Timur sebelum pelaksanaan wisuda.

“Hari ini merupakan wisuda ke-23 bagi ATW Surakarta, sayangnya tidak semua lulusan ikut wisuda. Sekitar 20% lulusan berangkat langsung kerja, terutama ke industri-industri di Ajwa Timur tanpa ikut wisuda lebih dahulu,” jelas Direktur ATW, Y. Yulianto Kristiawan, dalam sambutannya di sela-sela acara wisuda tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Yulianto mengatakan dalam era persaingan global dunia pendidikan dituntut untuk berpacu menggodok peserta didik lebih matang baik aspek hard skill maupun soft skill. Pasalnya, penguasaan hard skill saja tidak cukup tanpa dilandasi soft skill yang memadai.  “Kami berusaha selalu meningkatkan kualitas pembelajaran baik sarana prasarana maupun kualitas pengajar yang selanjutnya diharapkan akan meningkatkan kualitas output dari tahun ke tahun,” imbuhnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurutnya, saat ini ATW dikenal sebagai lembaga pendidikan terpercaya yang menghasilkan tenaga ahli madya siap pakai. Pihaknya selalu mendengungkan slogan Kuliah di ATW lulus dapat pekerjaan agar pengelolaan pengajaran perkualiahan juga mendukung. “Kami terus berbenah diri membuka hubungan kerja sama dengan semua perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja handal. Selain itu kerja sama untuk pengembangan pendidikan lembaga berupa informasi teknologi maupun fasilitas untuk praktek kerja lapangan,” terangnya.

Kali itu, Yulianto berpesan kepada lulusan agar selalu berusaha membangun komunikasi dengan lembaga. Saat ini ATW sudah mempunyai carier center untuk memberikan pelayanan dan informasi perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dari lulusan perguruan tinggi tersebut. “Semoga apa yang telah diperoleh di institusi kami selama studi dapat ditumbuh kembangkan dan bermanfaat dalam menyusuri kehidupan dan berguna bagi bangsa dan negara,” lanjutnya.

Sementara itu, Pembantu Direktur Bidang Akademik ATW, Eko Budhi Nusantoro, mengatakan pada angkatan 23, ATW Surakarta meluluskan sebanyak 217 mahasiswa. Secara rinci mereka terdiri atas tiga program studi (prodi) yakni 167 lulusan Prodi Teknik Mesin, 42 lulusan Prodi Teknik Elektronika, dan delapan lulusan Prodi Kimia Tekstil.

“Wisuda merupakan akhir proses akademik tetapi menjadi tiitk awal dan babak baru bagi seseorang untuk dapat menunjukkan kiprahnya di masayarakat untuk mempraktikkan seluruh pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari di kampus, untuk diterapkan dan dikembangkan di dunia kerja,” jelas Eko dalam sambutannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya