20 Hari Terpapar Covid-19, Bayi Baru Lahir Asal Trucuk Klaten Akhirnya Sembuh
Ilustrasi bayi bermasker. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN — Seorang bayi yang baru beberapa hari lahir asal Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, yakni BYD, dinyatakan sembuh dari Covid-19, Rabu (30/9/2020). Bayi berjenis kelamin laki-laki itu sempat terpapar virus corona selama 20 hari terakhir.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, BYD baru dilahirkan ibunya melalui proses operasi caesar di Rumah Sakit Umum Pusat Soeradji Tirtonegoro (RSST) Klaten, 10 September 2020. Di lokasi tersebut, BYD dan ibunya langsung menjalani swab test. Hasil swab test menunjukkan positif Covid-19 pada 11 September 2020.

Selanjutnya, BYD dan ibunya sempat menjalani perawatan di rumah sakit (RS). Selama dirawat, BYD dan ibunya menjalani perawatan secara terpisah.

2 Anggota Dikeroyok, Warga PSHT Sragen Diminta Tanggalkan Atribut Saat Keluar Rumah

Setelah beberapa hari dirawat di RS, bayi dan ibunya yang positif Covid-19 itu menjalani isolasi mandiri di rumahnya dengan pengawasan tim medis pada 22 September 2020. Saat menjalani isolasi mandiri, BYD dan ibunya berada dalam satu rumah.

Setelah menjalani isolasi mandiri, BYD dinyatakan sembuh dari virus corona oleh Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian (Gusgas PP) Covid-19.

"Saya ikut lega dengan kabar baik ini. Semoga, kondisi di Trucuk segera kembali normal [tak ada Covid-19]," kata Camat Trucuk sekaligus Ketua Gusgas PP Covid-19 Trucuk, Bambang Haryoko, kepada Solopos.com, Rabu (30/9/2020).

Sembuh Tambah

Terpisah, Jubir PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, ada lima pasien positif Covid-19 di Klaten dinyatakan sembuh selain bayi BYD pada hari yang sama.

Kelima pasien positif Covid-19 yang sembuh berasal dari Klaten Utara CM, 23, laki-laki; Trucuk DTM, 19, perempuan; Karangnongko S, 50, perempuan; Delanggu, P, 47, perempuan; dan dari Ngawen, S, 57, perempuan.

Keenam pasien positif Covid-19 yang sembuh itu terpapar virus corona dalam kurun waktu 11 September 2020 hingga 22 September 2020. Empat pasien telah menjalani isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis dan dua pasien lainnya menjalani perawatan di RS.

"Hasil evaluasi pemeriksaan dari enam pasien tersebut menunjukkan negatif. Seluruhnya dinyatakan sembuh," kata Jubir PP Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, kepada Solopos.com, Rabu (30/9/2020).



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom