SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO—Para perajin rempeyek di Desa Giripeni kini tak lagi kesulitan bahan baku. Hal ini menyusul berhasilnya panen uji coba kacang varietas baru, yakni jenis domba dan kancil.

Pengembangan kedua varietas tersebut dilakukan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Yogyakarta dengan melibatkan empat kelompok tani setempat secara langsung. Keempat kelompok tani itu adalah Martani, Sideman Makmur, Graulan Asri, dan Kedungrejo.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Peneliti BPTP Yogyakarta, Murwati mengatakan, pengembangan kedua varietas itu sudah dilakukan sejak Juli lalu di lahan sawah seluas 3 hektare yang terletak di Dusun Jurang Jero. Selain kedua varietas baru tersebut, ditanam juga varietas lokal sebagai pembanding. ”Dalam kegiatan itu sekaligus melibatkan kelompok tani secara langsung sebagai bentuk pemberdayaan,” ujarnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam kegiatan itu, BPPT Yogyakarta juga membina para petani dalam perawatan serta teknologi pemupukan tanaman sejak penanaman benih hingga siap panen usia 90 hari. Seperti misalnya dengan merekomendasikan pupuk organik maupun pupuk kimia dengan komposisi tertentu. Untuk mengetahui tingkat produktivitasnya, sebelum dipanen dilakukan uji ubinan hasil produksi.(Harian Jogja/Arief Junianto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya