Warga menangkap ular piton di Desa Watusomo, Slogohimo, Wonogiri, belum lama ini. (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI -- Warga Dusun Watusomo dan Pojok, Desa Watusomo, Slogohimo, Wonogiri, dihebohkan kemunculan dua ular piton berukuran besar sepekan terakhir. Warga beramai-ramai menangkap ular itu lalu menempatkannya di kandang khusus.

Ular tersebut diduga telah memangsa belasan ayam warga. Warga Dusun Watusomo, Slamet Haryadi, 42, kepada Solopos.com, Kamis (18/4/2019), menginformasikan dua ekor ular piton muncul di lokasi berbeda.

Ular pertama muncul di tepi sungai di Dusun Watusomo, sepekan lalu. Kali pertama keberadaan ular diketahui petani yang sedang mengairi sawah. Dia kaget saat melihat kepala ular piton muncul di permukaan sungai.

Setelah itu warga menginformasikannya kepada Slamet dan warga lainnya. Lalu warga sekitar bersama-sama menangkap ular itu menggunakan kresek. Ular digiring agar masuk kresek. Cara warga pun berhasil.

“Panjangnya sekitar 3 meter dan besarnya seukuran betis orang dewasa,” kata Slamet saat dihubungi Solopos.com.

Sepekan berlalu warga kembali dihebohkan dengan kemunculan ular piton. Petani yang akan mengairi sawah di Dusun Pojok, melihat seekor ular piton besar di tepi sawah, Rabu (17/4/2019).

Panjangnya lebih kurang sama dengan ular sebelumnya, tetapi lebih besar, yakni sebesar paha orang dewasa. Petani tersebut kemudian menginformasikannya kepada warga sekitar. Warga berhasil menangkapnya dengan cara yang sama seperti saat menangkap ular piton di Dusun Watusomo.

“Sekarang kedua ular itu ditempatkan di kandang khusus. Rencananya nanti ular ditempatkan di pertigaan Watusomo saat ada pasar kuliner, biar warga bisa melihatnya. Untuk hiburan lah istilahnya,” imbuh lelaki yang akrab disapa Bandot itu.

Dia menduga ular-ular itu sebelumnya memangsa lebih dari 10 ekor ayam warga. Sejak dua bulan lalu sejumlah warga mengeluhkan ayam mereka hilang. Dicari di sekitar rumah pun warga tak menemukannya.

Warga merasa hal itu aneh, karena warga lainnya juga mengalami hal serupa. Dengan tertangkapnya ular itu warga berasumsi ular itu lah yang memangsa ayam-ayam warga.

“Ular-ular itu muncul mungkin karena persediaan makanan di sekitar tempat persembunyiannya yang lama sudah menipis sehingga ular keluar dari tempatnya untuk mencari makanan,” ulas Slamet.

Sebelum menemukan ular itu warga cukup kerap melihat ular piton berukuran kecil di tepi sungai atau pekarangan. Namun, warga tak menghiraukannya karena tidak mengganggu aktivitas warga.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten