Peraih Kartini Awards 2019 dari The Sunan Hotel Solo. (Solopos.com-Chelin Indra Sushmita)

Solopos.com, SOLO – Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini oleh masyarakat Indonesia. Guna menyambut sekaligus memeriahkan perayaan tersebut, manajemen The Sunan Hotel Solo menggelar talk show spesial bertajuk Empower A Woman Empower A Nation, Selasa (16/4/2019). Tak ketinggalan, manajemen hotel memberikan penghargaan Kartini Awards kepada wanita di Kota Solo yang dianggap menginspirasi layaknya Kartini.

Talk show yang diisi oleh tiga Kartini masa kini di Solo itu digelar di Syailendra Ballroom, The Sunan Hotel Solo, Selasa sore. Acara tersebut dikemas dalam Royal High Tea and Talk Show yang digelar rutin The Sunan Hotel Solo.

 Narasumber Talk Show Empower A Woman Empower A Nation. (Solopos.com/Chelin Indra Sushmita)

Acara ngeteh sambil ngobrol santai yang dihadiri sejumlah wanita hebat di Kota Solo itu diisi oleh budayawan sekaligus tokoh wanita di Solo, RAy. Febri Hapsari Dipokusumo, Direktur Solo International Performing Art (SIPA), Irawati Kusumorasri, dan General Manager The Sunan Hotel Solo, Retno Wulandari. Ketiganya membahas peran wanita dalam masyarakat, pendidikan, dan kepemimpinan, yang dipandu oleh Elizabeth Sudira.

Berbagai kisah menginspirasi tentang sekelumit kehidupan narasumber dibahas dalam talk show tersebut. Ketiga narasumber sepakat peran wanita sangat penting bagi segala aspek kehidupan. “Wanita itu role model. Jadi, mendidik wanita itu sama dengan mendidik bangsa. Sebab, wanita, khususnya ibu, menjadi contoh bagi anak-anak,” kata RAy. Febri Hapsari Dipokusumo.

Talk show tentang wanita yang digelar di The Sunan Hotel Solo itu turut dihadiri oleh istri Wakil Wali Kota Solo, Saraswati Purnomo. Wanita yang tampil cantik dengan kebaya merah muda itu sangat mengpresiasi acara tersebut.

Acara seperti ini sangat penting untuk menggugah semangat perempuan. Kita harus bangkit. Tidak ada lagi diskriminasi gender. Acara seperti ini menjadi penyemangat bagi wanita,” tutur Saraswati Purnomo kepada Solopos.com.

 Istri Wakil Wali Kota Solo, Saraswati Purnomo (tengah), saat menghadiri Talk Show Empower A Woman Empower A Nation. (Solopos.com/Chelin Indra Sushmita)

Salah satu peserta talk show tersebut, Tri Kusuma, mengaku sangat senang mengikuti acara tersebut. Dia cukup sering mengikuti acara ngobrol sambil ngeteh alias Royal High Tea yang digelar di The Sunan Hotel Solo.

Saya cukup sering menghadiri acara ini. Acara ini sangat luar biasa. Kita sebagai wanita semestinya aktif bekerja, punya semangat, talenta, dan kemampuan lebih. Tapi tidak menghilangkan kodrat sebagai ibu,” kata Tri Kusuma.

Di akhir acara, manajemen The Sunan Hotel Solo memberikan penghargaan Kartini Awards kepada dua tokoh wanita hebat di Solo. Keduanya tak lain adalah RAy. Febri Hapsari Dipokusumo dan Irawati Kusumorasri.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten