SOLOPOS.COM - Logo Partai Amanat Nasional (wikipedia)

Solopos.com, SRAGEN -- Dua nama diusulkan sebagai kandidat Ketua DPD Partai Amanat Nasional atau PAN Sragen ke DPP PAN. Kedua nama itu muncul melalui proses musyawarah daerah (musda) secara virtual di 35 kabupaten/kota Jawa Tengah, 17 Maret 2021 lalu.

Dua nama tersebut yakni Basuki yang sebelumnya Ketua DPD PAN Sragen dan Purwanto yang sebelumnya Sekretaris DPD PAN Sragen. Sekretaris demisioner DPD PAN Sragen, Purwanto, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (30/3/2021), menjelaskan sebelum musda ada seleksi formatur yang dibuka DPP.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kemudian muncul 11 orang yang mendaftar sebagai formatur. Sebelas nama itu kemudian dikirim ke DPW PAN Jateng dan diteruskan ke DPP PAN.

Baca Juga: 36 Pasien Positif Covid-19 Klaten Sembuh, Kasus Kematian Tambah 3

“Sebanyak 11 nama itu diverifikasi DPP dan kemudian turun rekomendasi enam nama formatur. Nah, enam nama ini kemudian diminta bermusyawarah untuk menentukan posisi ketua, sekretaris, dan bendahara,” ujar Purwanto yang juga legislator di DPRD Sragen itu.

Setelah musyawarah yang difasilitasi DPW, ternyata tidak menghasilkan mufakat untuk nama ketua, sekretaris, dan bendahara tetapi justru memunculkan dua nama calon ketua DPD PAN Sragen.

Keputusan DPP PAN

Ia menyebut dua nama itu Purwanto dan Basuki. Dua nama itu, ujarnya, kemudian dikirim ke DPP untuk diputuskan. Purwanto tidak tahu kapan DPP mengambil keputusan atas terpilihnya dua calon ketua tersebut.

Baca Juga: Gibran Datangi Gudang Berbau Busuk di Jl Sumpah Pemuda Solo, Ternyata Ini Isinya

Ia mengatakan pemilihan ketua, sekretaris, dan bendahara itu menjadi agenda dalam musda. Selain itu, Purwanto mengatakan musda juga membahas target suksesi dalam Pemilu Legislatif 2024 mendatang.

“Siapa pun ketuanya nanti harus bisa menambah kursi DPRD dari dua kursi menjadi empat kursi pada 2024,” ujarnya.

Baca Juga: Beredar Video Maling Motor Dicabuti Kumisnya Di Baturetno Wonogiri, Ini Penjelasan Polisi

Ketua demisioner DPD PAN Sragen Basuki membenarkan musda digelar secara virtual serentak 35 kabupaten/kota se-Jateng. Basuki juga mengiyakan dirinya menjadi salah satu calon ketua yang diusulkan ke DPP.

“Saat musda lalu sudah ditetapkan formatur enam orang oleh DPP tetapi untuk ketua, sekretaris, dan bendahara belum diputuskan. Jadi kami masih menunggu keputusan DPP,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya