Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjalan menuju mimbar sebelum menyampaikan pidato dihadapan tamu undangan rapat Paripurna Istimewa di ruang Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, Sabtu (22/6/2019). (Antara-Nova Wahyudi)

Solopos.com, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diketahui melanjutkan perjalanan dinas ke Washington DC, Amerika Serikat, setelah sebelumnya menghadiri acara World Cities Summit di Medellín, Kolombia, sejak Selasa (9/7/2019).

Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDH KLN) DKI Jakarta Mawardi mengatakan keputusan Anies Baswedan ke Amerika Serikat bukan mendadak dan sudah dijadwalkan dari beberapa waktu silam. Dia menuturkan kedatangan Anies ke Negeri Paman Sam tak lain untuk memenuhi undangan United States-Indonesia Society (USINDO).

"Kalau yang agenda di Washington memang sengajak dirangkaikan [dengan Kolombia] supaya lebih efektif dan sekali jalan agar bermanfaat bagi penghematan anggaran," katanya di Balai Kota DKI, Jumat (12/7/2019).

Selain Anies, ternyata ada beberapa pejabat yang ikut, pertama adalah Asisten Deputi Pembangunan dan Lingkungan Hidup Yusmada Faizal, anggota Tim Gubernur untuk Percapatan Pembangunan (TGUPP) Kreshna Aditya, dan salah satu staf KDH KLN.

Tak lupa, istri Anies Fery Farhati Ganis juga turut mendampingi lantaran Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK). Keberangkatan ke Kolombia dan Amerika Serikat menambah daftar negara-negara yang sudah disinggahi Anies selama menjabat sebagai orang nomor satu di DKI Jakarta dalam dua tahun terakhir.

Berdasarkan catatan Bisnis/JIBI, mantan Menteri Pendidikan tersebut sudah mengunjungi tujuh negara, yaitu Maroko, Turki, Argentina, Jepang, Singapura, Kolombia, dan Amerika Serikat.

Kunjungan pertama Anies ke luar negeri untuk memenuhi undangan Wali Kota Casablanca, Maroko Abdelaziz El Omari dalam rangka berpartisipasi dalam The Third Edition of Smart Cities African Casablanca 2018.

Dari Maroko, Gubernur DKI melanjutkan perjalanan ke Turki. Di sana Anies menemui Wali Kota Istanbul Mevlüt Uysa dan kunjungan ke Istanbul Water and Waste Management (ISKI).

Setelah itu, Anies terbang ke Argentina pada Oktober 2018 untuk menghadiri pertemuan Urban 20 Mayors Summit (U20) di Buenos Aires, Argentina.

Anies juga tercatat datang ke negara tetangga Singapura pada Mei 2019. Tak lama setelah itu, rombongan Gubernur DKI bertolak ke Tokyo, Jepang untuk menghadiri acara Urban 20 (U20) Mayors Summit sekaligus menghadiri perayaan 20 tahun Sister City antara Jakarta-Tokyo.

Minggu lalu, Anies mengunjungi Medellin, Kolombia, untuk menjadi salah satu pembicara di World Cities Summit (WCS) sebelumnya akhirnya melanjutkan kunjungan kerja ke Amerika Serikat. Anies dijadwalkan tiba di Ibu Kota pada Kamis (18/7/2019).


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten