2 Tahun Bergulir, Benarkah Asal-Usul Covid-19 Selamanya Jadi Misteri?

Bahkan organisasi kesehatan dunia (WHO) masih berkutat untuk menemukan jawaban atas asal-usul Covid-19.

 Ilustrasi virus corona. (Dok Solopos)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona. (Dok Solopos)

Solopos.com, SOLO-Hampir 2 tahun bergulir, ternyata belum ada jawaban pasti asal-usul Covid-19. Bahkan muncul kekhawatiran apakah selamanya hal ini menjadi misteri?

PromosiBlak-Blakan Wali Kota Gibran: Menciptakan Multiplier Effect Tirtonadi

Bahkan organisasi kesehatan dunia (WHO) masih berkutat untuk menemukan jawaban atas asal-usul Covid-19. Untuk menemukan jawaban tersebut, WHO membentuk Scientific Advisory Group for the Origins of Novel Pathogens (SAGO), sebuah tim untuk mencari asal mula virus corona.

Awalnya, dunia percaya asal-usul Covid-19 adalah dari Wuhan, China, lantaran di sanalah awalnya wabah ini terdeteksi. Dan hingga 2021 ini telah wabah ini berkembang menjadi sebuah pandemi dan telah tersebar hampir di seluruh dunia.

Baca Juga:  Muncul Jerawat di Payudara, Perlukah Diwaspadai?

Seorang pakar hukum kesehatan dari Universitas Georgetown, Profesor Lawrence Gostin, mengungkapkan rasa pesimistis akan upaya yang baru dilakukan WHO untuk mencari tahu asal-usul Covid-19 ini. “Kembali ke TKP [Wuhan] yang sudah terjadi 2 tahun lalu, mungkin saja banyak bukti di TKP sudah dihapus,” ungkap Prof. Gostin, dikutip dari Time dan Detik.com, Minggu (24/10/2021).

Pernyataan Prof. Gostin bukan tanpa alasan. Tercatat 2 kali upaya WHO mengirimkan tim investigasi ke Wuhan-China selama tahun 2021 ternyata berujung nihil. Kedatangan pertama pemerintah China tidak terbuka terkait data dan hasil penelitian kepada pihak WHO, lalu untuk kedatangan kedua akses penelitian langsung ditolak oleh pemerintah.

“Hambatannya masih sama, selagi masih berhubungan dengan China, penyelidikan tidak dapat dilanjutkan,” imbuh Prof Gostin.

Sebelumnya, peneliti baru-baru ini mengungkapkan skenario paling mungkin dari asal-usul virus corona dibandingkan teori kebocoran dari laboratorium .  Dalam tinjauan kritis yang diterbitkan dalam jurnal peer-review Cell, 21 ahli ilmiah dari seluruh dunia menyajikan bukti bahwa pandemi Covid-19  hari ini kemungkinan dimulai ketika hewan yang terinfeksi menularkan virus SARS-CoV-2 ke manusia di pasar hewan hidup di Wuhan, China.

“Diskusi tentang asal mula pandemi telah dipolitisasi dan memanas, dan kami merasa waktu yang tepat untuk melihat secara kritis semua bukti yang ada,” kata Stephen Goldstein, PhD, penulis makalah dan ahli virologi evolusioner di Universitas Kesehatan Utah.

Baca Juga:  Instagram Rachel Vennya Hilang, Termasuk Bukti Foto Liburan di Bali

Peta yang menunjukkan lokasi geografis gelombang pertama kasus Covid-19  pada Desember 2019, menunjukkan bahwa mereka awalnya muncul di dekat lokasi Pasar Grosir Makanan Laut Huanan di Wuhan, China, serta pasar lain yang dilaporkan memiliki perdagangan hewan hidup.

Dalam pekan-pekan berikutnya, kasus menyebar ke luar secara geografis. Kasus-kasus itu diikuti oleh kematian berlebihan pada Januari 2020, penanda kedua bagaimana virus menyebar ke seluruh populasi.

Demikian pula, kematian itu awalnya dilokalisasi di dekat pasar hewan.  “Ini memberi tahu kita di mana epidemi dimulai dan di mana penularan intens dimulai,” jelas Goldstein.
“Ini menunjukkan bahwa epidemi dimulai di pasar di distrik ini: pasar Huanan dan mungkin juga pasar lain,” jelasnya seperti dikutip dari Suara.com.

Baca Juga:  Muncul Jerawat di Kelamin, Bagaimana Bedakan dengan Herpes Genital?

Institut Virologi Wuhan, yang sering disebut sebagai sumber kebocoran laboratorium, juga ditandai di peta, tetapi jauh dari pasar hewan hidup. Tak satu pun dari kasus pertama yang terdokumentasi—atau kematian berlebihan dalam minggu pertama kemunculannya—terletak di dekat institut.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

+ PLUS Berminat Adu Nasib di IKN? Segini Loh Biaya Hidup di Kalimantan Timur

Sebagai calon Ibu Kota Negara (IKN), Nusantara yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan menjadi magnet kaum urban untuk mengadu nasib di sana. Berikut perkiraan biaya hidup tinggal di Kalimantan Timur yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Berita Terkini

Tata Cara Salat Jenazah, Lengkap dengan Doa

Berikut tata cara dan doa salat jenazah sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad.

Begini Tanda Seseorang Merasa Klik dengan Orang Lain

Penelitian tentang bagaimana tanda seseorang klik dengan orang lain ini diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences.

7 Dekorasi Imlek Ini Dipercaya Mendatangkan Keberuntungan

Setiap dekorasi dalam perayaan Imlek memiliki makna tersendiri dan dipercaya dapat membawa keberuntungan pada sebuah rumah berikut penghuninya.

Unik! Bakul Mi Ayam Ini Masak Sambil Joget, Alasannya Bikin Heran

Seorang bakul berjoget saat memasak mi ayam pesanan pembeli, konon agar masakannya lebih lezat.

Awas! Lima Ruam Kulit Ini Menunjukkan Gejala Awal Covid-19

Ada lima jenis ruam kulit yang menunjukkan gejala awal Covid-19, apa saja ya?

Demam di Musim Hujan dan Banjir Bisa Jadi Tanda 7 Penyakit Ini

Keluhan seperti demam dan tidak enak badan sering kali terdengar di musim hujan dan banjir.

Viral! Aksi Heroik Sejumlah Santri Gagalkan Pencurian Motor

Viral video aksi heroik sejumlah santri yang berhasil mengagalkan pencurian motor di tempat parkir Jalan Raya Pasar Nongkojajar, Mesagi, Wonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Viral Video Ridho DA Suruh Istri Makan Bekas Jilatan, Netizen: Jorok!

Video viral Ridho DA yang meminta istrinya untuk memakan jajanan yang habis ia jilat mendapatkan kritikan netizen.

Fakta-Fakta Varian BA.2, Virus Baru yang Disebut Son of Omicron

Meskipun informasi mengenai varian BA.2 masih sedikit, berikut fakta-faktanya yang perlu Anda ketahui.

Catat, Ini Tiga Bahan untuk Mengatasi Jerawat

Ada sejumlah bahan untuk mengatasi jerawat.

BA.2, Versi Baru Omicron Terdeteksi di AS hingga Singapura

Otoritas Kesehatan di Inggris (UKHSA) mengatakan setelah Denmark urutan kasus Omicron versi baru BA.2 terbanyak berada di India, Swedia dan Singapura.

Doa Supaya Mudah Menghafal dan Mengingat Materi Pelajaran

Berikut ini terdapat doa supaya mudah menghafal dan mengingat materi pelajaran sekolah menurut ajaran Islam yang diungkap Nahdlatul Ulama (Nu Online).

Kebelet BAB Pas Naik Gunung? Cek Tips dan Etika Buang Hajat di Gunung

Berikut tips dan etika yang perlu diketahui saat ingin buang air besar (BAB) di gunung.

Tahukah Kamu? Ada Doa yang Dianjurkan Dibaca Orang Tua Saat Anak Sunat

Berikut doa yang dianjurkan dibaca orang tua saat anak tengah khitan atau sunat agar diberikan keselamatan dan dijauhkan dari penyakit.

Enggak Mau Kan, Pakaian Kalian Dipakai Setan? Baca Dulu Doanya...

Berikut doa saat melipat dan melepas pakaian agar mendapatkan kebaikan dan keberkahan.

Doa saat Masuk Angin, Demam, hingga Pusing Agar Segera Sembuh

Berikut bacaan doa yang dipanjatkan saat sakit ringan seperti demam, sakit kepala hingga sakit gigi agar segera diberikan kesembuhan.