Tutup Iklan

2 Tahun Bergulir, Benarkah Asal-Usul Covid-19 Selamanya Jadi Misteri?

Bahkan organisasi kesehatan dunia (WHO) masih berkutat untuk menemukan jawaban atas asal-usul Covid-19.

 Ilustrasi virus corona. (Dok Solopos)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi virus corona. (Dok Solopos)

Solopos.com, SOLO-Hampir 2 tahun bergulir, ternyata belum ada jawaban pasti asal-usul Covid-19. Bahkan muncul kekhawatiran apakah selamanya hal ini menjadi misteri?

Bahkan organisasi kesehatan dunia (WHO) masih berkutat untuk menemukan jawaban atas asal-usul Covid-19. Untuk menemukan jawaban tersebut, WHO membentuk Scientific Advisory Group for the Origins of Novel Pathogens (SAGO), sebuah tim untuk mencari asal mula virus corona.

Awalnya, dunia percaya asal-usul Covid-19 adalah dari Wuhan, China, lantaran di sanalah awalnya wabah ini terdeteksi. Dan hingga 2021 ini telah wabah ini berkembang menjadi sebuah pandemi dan telah tersebar hampir di seluruh dunia.

Baca Juga:  Muncul Jerawat di Payudara, Perlukah Diwaspadai?

Seorang pakar hukum kesehatan dari Universitas Georgetown, Profesor Lawrence Gostin, mengungkapkan rasa pesimistis akan upaya yang baru dilakukan WHO untuk mencari tahu asal-usul Covid-19 ini. “Kembali ke TKP [Wuhan] yang sudah terjadi 2 tahun lalu, mungkin saja banyak bukti di TKP sudah dihapus,” ungkap Prof. Gostin, dikutip dari Time dan Detik.com, Minggu (24/10/2021).

Pernyataan Prof. Gostin bukan tanpa alasan. Tercatat 2 kali upaya WHO mengirimkan tim investigasi ke Wuhan-China selama tahun 2021 ternyata berujung nihil. Kedatangan pertama pemerintah China tidak terbuka terkait data dan hasil penelitian kepada pihak WHO, lalu untuk kedatangan kedua akses penelitian langsung ditolak oleh pemerintah.

“Hambatannya masih sama, selagi masih berhubungan dengan China, penyelidikan tidak dapat dilanjutkan,” imbuh Prof Gostin.

Sebelumnya, peneliti baru-baru ini mengungkapkan skenario paling mungkin dari asal-usul virus corona dibandingkan teori kebocoran dari laboratorium .  Dalam tinjauan kritis yang diterbitkan dalam jurnal peer-review Cell, 21 ahli ilmiah dari seluruh dunia menyajikan bukti bahwa pandemi Covid-19  hari ini kemungkinan dimulai ketika hewan yang terinfeksi menularkan virus SARS-CoV-2 ke manusia di pasar hewan hidup di Wuhan, China.

“Diskusi tentang asal mula pandemi telah dipolitisasi dan memanas, dan kami merasa waktu yang tepat untuk melihat secara kritis semua bukti yang ada,” kata Stephen Goldstein, PhD, penulis makalah dan ahli virologi evolusioner di Universitas Kesehatan Utah.

Baca Juga:  Instagram Rachel Vennya Hilang, Termasuk Bukti Foto Liburan di Bali

Peta yang menunjukkan lokasi geografis gelombang pertama kasus Covid-19  pada Desember 2019, menunjukkan bahwa mereka awalnya muncul di dekat lokasi Pasar Grosir Makanan Laut Huanan di Wuhan, China, serta pasar lain yang dilaporkan memiliki perdagangan hewan hidup.

Dalam pekan-pekan berikutnya, kasus menyebar ke luar secara geografis. Kasus-kasus itu diikuti oleh kematian berlebihan pada Januari 2020, penanda kedua bagaimana virus menyebar ke seluruh populasi.

Demikian pula, kematian itu awalnya dilokalisasi di dekat pasar hewan.  “Ini memberi tahu kita di mana epidemi dimulai dan di mana penularan intens dimulai,” jelas Goldstein.
“Ini menunjukkan bahwa epidemi dimulai di pasar di distrik ini: pasar Huanan dan mungkin juga pasar lain,” jelasnya seperti dikutip dari Suara.com.

Baca Juga:  Muncul Jerawat di Kelamin, Bagaimana Bedakan dengan Herpes Genital?

Institut Virologi Wuhan, yang sering disebut sebagai sumber kebocoran laboratorium, juga ditandai di peta, tetapi jauh dari pasar hewan hidup. Tak satu pun dari kasus pertama yang terdokumentasi—atau kematian berlebihan dalam minggu pertama kemunculannya—terletak di dekat institut.


Berita Terkait

Espos Plus

Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

+ PLUS Mengenal Prawirodigdoyo, Sosok Penunggang Kuda di Simpang 4 Karanggede

Kebanyakan warga salah kaprah dengan menganggap patung penunggang kuda di simpang empat Karanggede Boyolali adalah Pangeran Diponegoro, padahal sosok penunggang kuda itu adalah Raden Tumenggung Prawirodigdoyo.

Berita Terkini

Ini Tanda-Tanda Tempat Kerja Toxic, Saatnya Keluar dari Pekerjaan

Lingkungan tempat kerja yang beracun atau toxic tentu bikin kita tidak nyaman bekerja dan menguras energi semata.

Intip Berbagai Aturan Karantina di Sejumlah Negara

Berikut berbagai aturan karantina di sejumlah negara yang perlu Anda ketahui.

Doa Mohon Ampun dari Dosa Besar, Lengkap Ada Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa memohon ampunan dari dosa besar dan kesalahan lainnya menurut ajaran Islam yang dilengkapi latin dan artinya.

Virus Omicron 3 Kali Lebih Berisiko Picu Infeksi Ulang daripada Delta

Para ilmuwan di Afrika Selatan mengatakan varian Omicron setidaknya tiga kali lebih mungkin picu infeksi ulang.

+ PLUS Anjuran Pimpinan MTA Soal Menyantuni Anak Yatim

Siapa tahu sedekah kita untuk anak-anak yatim itulah yang akan menyelamatkan kita dari siksa api neraka dengan rida Allah.

Mengawali Gerakan Literasi Halal

Negara memiliki kewajiban untuk menghadirkan produk halal yang siap dikonsumsi masyarakat.

Viral! Perempuan Mirip Vanessa Angel, Netizen Sebut Reinkarnasi

Seorang perempuan yang berjoget Tiktok diangap memiliki wajah yang mirip Vanessa Angel menjadi viral dan menyebutnya reinkarnasi

Pria dengan Weton Ini Mudah Selingkuh, Cek Yuk!

Nah, kalau pasanganmu mudah selingkuh coba dicek apakah dia merupakan salah satu pria dengan weton Jawa ini.

Studi Ungkap Plastik Picu Penyakit Kardiovaskular dan Kolesterol

Paparan bahan kimia terkait plastik, seperti bahan kimia dasar bisphenol A dan plasticizer ftalat, dapat picu dan tingkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Galon Isi Ulang Terancam Hilang Karena BPA, Ini Dampak BPA pada Tubuh

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa BPA dapat meresap ke dalam makanan atau minuman dari wadah yang dibuat dengan BPA.

Mitos Larangan Menikah Anak Pertama dengan Ketiga, Ada yang Percaya?

Terdapat mitos di Jawa soal larangan menikah antara anak pertama dengan ketiga yang dikenal nikah lusan. Adakah yang percaya?

Adakah Doa untuk Minta Jodoh dengan orang yang Dicintai dalam Islam?

Apakah kira-kira ada dan diperbolehkan doa meminta berjodoh dengan orang yang kamu cintai? Yuk cari tahu jawabannya di bawah ini!

7 Makanan Ini Bisa Mencegah Kanker Sejak Usia Muda

Ada sejumlah makanan yang bisa mencegah kanker sejak dini, apa saja?

Sudah Siap Menikah Tetapi Pasangan Ternyata Positif HIV? Lakukan Ini

Jangan sedih, sekali pun pasangan ternyata positif HIV Anda berdua tetap bisa menikah.

Viral Ketahuan Selingkuh Lewat Aplikasi PeduliLindungi, Ini Cara Ceknya

Cuitan perihal pasangan ketahuan selingkuh lewat aplikasi PeduliLindungi itu langsung menuai beragam reaksi warganet.

Mimpi Ditangkap Polisi, Apakah Pertanda Bakal Dapat Masalah?

Saat tidur dan kita mimpi ditangkap polisi tentu bikin deg-degan dan waswas, kira-kira pertanda apa ya?