2 Tahun Absen karena Pandemi, Sirkuit Motegi Siap Geber Balapan MotoGP Lagi

Sirkuit Motegi akhir pekan ini kembali menggelar balapan MotoGP Jepang setelah dua tahun absen karena pandemi Covid-19.

 Pembalap Tepsol Honda Team Marc Marquez menyapa penonton seusai menjuarai MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi pada 2019. (motogp.com)

SOLOPOS.COM - Pembalap Tepsol Honda Team Marc Marquez menyapa penonton seusai menjuarai MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi pada 2019. (motogp.com)

Solopos.com, JAKARTA—Sirkuit Motegi akhir pekan ini kembali menggelar balapan MotoGP Jepang setelah dua tahun absen karena pandemi Covid-19. Balapan bakal berlangsung seru di mana tiga pembalap teratas di klasemen dipisahkan hanya 17 poin.

Sirkuit Motegi dibangun pada 1997 untuk keperluan tes sebelum kali pertama menggelar GP Jepang pada 1999.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Satu tahun berselang, sirkuit itu menjadi tuan rumah GP Pasifik, dan sejak itu langganan dikunjungi para fans balap motor.

Baca Juga: Dorna Ingin Gelar MotoGP di India

Pada 2004 Motegi menggantikan Sirkuit Suzuka di kalender MotoGP dan kembali menjadi arena GP Jepang lagi dan mempertahankan statusnya itu hingga saat ini.

Sejak kelas MotoGP bergulir pada 2002, Honda telah mengantongi sembilan kemenangan di Motegi termasuk tiga kemenangan yang direbut Marc Marquez pada 2016, 2018 dan 2019.

Marquez, Dani Pedrosa, Loris Capirossi, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo telah merasakan masing-masing tiga kemenangan di kelas MotoGP di Motegi.

Baca Juga: Bastianini Hentikan Laju Bagnaia di MotoGP Aragon

Sedangkan Ducati merayakan lima kemenangan di Motegi, terakhir kali ketika Andrea Dovizioso menguasai lintasan basah sirkuit itu pada 2017. Dua pembalap lain Ducati yang menang di Jepang adalah Loris Capirossi (2005, 2006, dan 2007) dan Casey Stoner (2010).

Dua pembalap Ducati juga pernah start dari pole position di Motegi, yaitu Loris Capirossi (2005 dan 2006) dan Andrea Dovizioso (2014 dan 2018), demikian catatan resmi MotoGP.

Sementara itu, Yamaha menang di Motegi dalam empat kesempatan, terakhir kali ketika Jorge Lorenzo finis pertama pada 2014. Podium terakhir bagi Yamaha di Motegi dipersembahkan oleh Fabio Quartararo saat ia finis P2 pada 2019.

Baca Juga: Ancaman Quartararo Hentikan Laju Bagnaia di MotoGP San Marino

Suzuki dan Kenny Robert Jr. memenangi Grand Prix (500cc) perdana di Motegi pada 1999 dan mengulangi kesuksesan itu pada tahun berikutnya. Sejak kelas MotoGP dikenalkan pada 2002, P3 Maverick Vinales pada 2016 dan P3 Alex Rins pada 2018 menjadi dua podium bagi Suzuki di Motegi.

Hasil terbaik Aprilia di Motegi adalah P7 Alvaro Bautista pada 2016 dan P7 Aleix Espargaro pada 2017. Sedangkan P11 Pol Espargaro pada 2017 dan 2019 merupakan finis terbaik KTM di Motegi.

Marquez menjadi pembalap terkahir MotoGP yang memenangi balapan di Motegi dari pole position yaitu pada 2019. Pole terakhir untuk Yamaha diraih Johann Zarco pada 2017.

Baca Juga: Data Fakta MotoGP San Marino Akhir Pekan Ini di Misano

Sejumlah pembalap tuan rumah yang meraih kemenangan di Motegi adalah Masao Azuma (125cc/1999), Shinya Nakano (250cc/1999), Daijiro Kato (250cc/2000), Youichi Ui (125cc/2001), Tetsuya Harada (250cc/2001), Makoto Tamada (MotoGP/2004) dan Hiroshi Aoyama (250cc pada 2005 dan 2006).

Pembalap Jepang yang terakhir kali naik podium dari semua kelas di Motegi adalah Hiroshi Aoyama yang finis P2 kelas 250cc pada 2009.

Di GP Aragon, Enea Bastianini merebut kemenangan keempat di MotoGP setelah Qatar, Amerika, dan Prancis, untuk menjadi pembalap kelima Ducati yang meraih tiga atau lebih kemenangan di kelas premier.

Baca Juga: Dramatis di San Marino, Bagnaia Ciptakan Quattrick Kemenangan MotoGP

Kemenangan Bastianini itu merupakan yang kelima bagi seorang pembalap tim independen Ducati, satu yang lain dipersembahkan oleh Jorge Martin di Sytria tahun lalu.

Ketika Bastianini memenangi balapan di Aragon dan Cal Crutchlow finis P14 sebagai pembalap Yamaha yang finis terdepan, Ducati mengunci gelar juara konstruktor untuk keempat kalinya di kelas premier, dan untuk ketiga kalinya secara beruntun.

Dengan Bastianini dan Francesco Bagnaia di podium, itu merupakan balapan ke-21 secara beruntun yang menyaksikan setidaknya satu pembalap Ducati finis tiga besar, memperpanjang rekor pabrikan Bologna itu di kelas MotoGP.

Baca Juga: Quartararo Berpacu Pulihkan Kebugaran untuk Balapan di Jepang

Fabio Quartararo gagal menyelesaikan balapan di Aragon dan kini memimpin klasemen pembalap dengan margin hanya 10 poin dari Bagnaia. Padahal setelah GP Jerman, Bagnaia tertinggal 91 poin dari Quartararo.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Resmi! Bintang Basket Indonesia Gabung Tim NBA Amerika Serikat

      Bolden belakangan menjadi idola baru penggemar bola basket Indonesia lewat penampilannya saat membela Merah Putih di SEA Games 2021 Vietnam dan Piala FIBA Asia 2022 di Jakarta, Juli 2022.

      Hubungan Herry IP dan Kevin Sanjaya Disebut Memburuk, Begini Tanggapan PBSI

      PBSI mengimbau masyarakat Indonesia untuk tidak menghiraukan gosip-gosip yang belum ada kebenarannya terkait hubungan pelatih ganda putra, Herry IP dengan Kevin Sanjaya.

      Wow! Manny Pacquiao Buka Sekolah Tinju di Jakarta

      Pacquiao merupakan mantan juara dunia tinju di delapan divisi yang berbeda.

      Ambisi Bagnaia Kejar Quartararo di Motegi Berubah Petaka

      Francesco Bagnaia terlalu ambisius ketika mendapat peluang menyalip Fabio Quartararo di Sirkuit Motegi yang menyebabkannya terjatuh di lap terakhir MotoGP Jepang.

      Marquez Tak Rasakan Sakit Lagi di Sirkuit Motegi

      Pembalap tim Repsol Honda Marc Marquez menyelesaikan balapan keduanya tanpa rasa sakit sejak comeback dari cedera dengan finis P4 di MotoGP Jepang, Sirkuit Motegi.

      Quartararo Tak Nikmati Balapan MotoGP Jepang

      Pembalap Yamaha Fabio Quartararo mengakui tak dapat menikmati balapan MotoGP Jepang setelah hanya finis P8, Minggu (25/9/2022).

      Ternyata Rumput Stadion GBT Surabaya Tidak Berstandar FIFA

      Komisi C DPRD Kota Surabaya heran rumput Stadion GBT tidak berstandar FIFA padahal saat itu Pemkot Surabaya telah menghabiskan anggaran ratusan miliar rupiah untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023.

      Hasil Liga Nations: Kroasia-Belanda ke Semifinal, Prancis Lolos dari Degradasi

      Kroasia dan Belanda melaju ke semifinal Liga Nations 2022/2023 sementara juara bertahan Prancis lolos dari degradasi ke Liga B.

      Info Tiket Persis Solo Vs PSM Makassar, Lokasi Penjualan, dan Daftar Harganya

      Pembelian tiket Persis Solo Vs PSM Makassar secara online dilayani, Senin (26/9/2022) sedangkan offline pada Selasa (27/9/2022).

      Tinjau Venue Piala Dunia U-20, Ini Permintaan FIFA Terkait Rumput GBT Surabaya

      Pada kunjungan awal FIFA pada Juli 2022, ada berbagai catatan. Namun, kini Pemkot Surabaya telah melakukan berbagai perubahan.

      Luar Biasa, Rindu Basket Warga Solo Penuhi IBL 3x3 di The Park Mall

      Misi besar Indonesian Basketball League (IBL) 3x3 adalah mendekatkan basket kepada pencintanya.

      Hasil Pertandingan Liga 3: Persika Karanganyar Hajar Persiwi Wonogiri

      Enam gol Persika Karanganyar dicetak melalui hattrick dua pemain mereka yaitu Wimba Sutan dan Arif Itibar.

      Kabar Terbaru Liga 1: Milomir Seslija Resmi Berpisah dengan Borneo FC

      Miftahudin Mukson akan memimpin tim sebagai karterker atau pelatih sementara didampingi Akhyar Ilyas (mantan pemain Persijatim Solo FC dan Persis Solo). 

      Liga 3 Jateng: Putra Surakarta FC Siap Bersaing dengan Persiharjo dan Persipur

      Putra Surakarta FC adalah tim debutan di kompetisi Liga 3 musim ini. Mereka berada satu grup dengan Persiharjo Sukoharjo dan Persipur Purwodadi.

      Keberhasilan pada Musim Lalu Membuat IBL 2023 Diyakini Jauh Lebih Heboh

      Total penonton IBL 2022 dengan sejumlah pembatasan karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19 sudah mencapai 46.600 orang.