2 Tahun, 3 Kecamatan di Karanganyar Ini Bebas dari Kebakaran
Ilustrasi Kebakaran (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, KARANGANYAR – Ada tiga kecamatan di Karanganyar yang terbebas dari kebakaran selama dua tahun terakhir. Ketiga kecamatan tersebut berada di dekat Gunung Lawu, yakni Ngargoyoso, Jatiyoso, dan Jenawi.

Padahal, kebakaran menjadi salah satu bencana alam yang tidak terduga kapan akan terjadi. Tetapi, bencana alam itu dapat dicegah dengan meningkatkan kewaspadaan.

Kepala Seksi (Kasi) Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Karanganyar, Renggo Buono, mengatakan ada tiga kategori penyebab kebakaran di Karanganyar. Mulai dari sampah, hubungan pendek arus listrik, dan lain-lain.

"Penyebab kebakaran lain-lain itu di luar dua hal tadi. Misalnya bahan kimia di lokasi pabrik seperti itu," ujar dia saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (15/9/2020).

Sangar! Bocah SMP di Klaten Ini Hobi Koleksi Ular Piton

Penyebab

Lalu, mereka juga mengelompokkan data kebakaran di Karanganyar berdasarkan objek yang terbakar menjadi empat hal. Yaitu rumah atau toko, lahan kosong atau barongan, pabrik, dan lain-lain. Lagi-lagi muncul kategori lain-lain. Renggo menjelaskan objek yang termasuk kategori lain-lain, seperti mobil, oven kayu maupun peralatan pabrik lain, dan lain-lain.

Hingga Agustus 2020, mereka mencatat ada 53 kasus kebakaran yang terjadi. Angka itu merosot tajam apabila dibandingkan dengan tahun lalu pada periode yang sama, yakni 91 kebakaran. Hingga akhir 2019 terjadi 192 kebakaran.

Solopos.com merangkum sejumlah poin penting dari data yang disuguhkan oleh Satpol PP tersebut. Penyebab kebakaran pada 2019 didominasi sampah, sedangkan pada 2020 karena hubungan pendek arus listrik.

Viral Jalur Gowes Gadis Desa, Pesepeda Bisa Foto dengan Wanita Berkemben di Tepi Sungai 

Kebakaran Akibat Sampah

Wilayah yang banyak melaporkan kebakaran akibat sampah pada 2019 adalah Kecamatan Gondangrejo, sedangkan pada 2020 di Colomadu. Kebakaran akibat korsleting listrik banyak terjadi di Kecamatan Karanganyar pada 2019 maupun 2020. Selain Karanganyar, kasus yang sama terjadi di Kecamatan Jaten, Kebakkramat, dan Colomadu selama dua tahun ini.

Penyebab kebakaran di luar dua hal itu banyak terjadi di Kecamatan Jaten, Gondangrejo, dan Tasikmadu. Seperti disampaikan Renggo tadi, penyebab kebakaran lain salah satunya adalah bahan kimia.

Jago Bela Diri hingga Main Burung, Ini 5 Fakta Unik Nunggal Si Preman Solo Pimpinan Gondhez’s 

Data Satpol PP juga memaparkan objek yang banyak terbakar pada 2019 dan 2020. Pada 2018 didominasi lahan kosong atau barongan yang paling sering terjadi di Colomadu. Objek yang banyak terbakar pada tahun 2020 adalah lain-lain, misalnya oven kayu, mobil, kendaraan, dan lain-lain. Kejadian tersebut sering terjadi di Jaten.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom