SOLOPOS.COM - Siswa menjalani uji coba PTM di SMAN 2 Wonogiri, Rabu (11/11/2020). Uji coba PTM di sekolahan tersebut tetap berjalan meski sang kepala sekolah terkonfirmasi positif Covid-19. (istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI — SMAN 2 Wonogiri dan SMKN 2 Wonogiri bakal menjadi percontohan pelaksanaan pembelajaran tatap muka atau PTM bagi sekolah-sekolah di tiga daerah wilayah VI Cabang Dinas Pendidikan, yakni Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen.

Hal itu apabila mulai tahun depan PTM akan dilaksanakan sesuai kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. Kedua sekolah tersebut dinilai sukses menggelar uji coba PTM selama dua pekan, 9-20 November 2020 lalu. Bahkan, keduanya disebut sebagai contoh yang lengkap.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

SMKN 1 Klego Bertekad Setara Sekolah Dearah Maju, Begini Kiatnya...

SMAN 2 Wonogiri dapat menjadi percontohan sekolah yang bisa mengatasi berbagai persoalan PTM yang muncul lantaran ada warga sekolah yang terkonfirmasi positif. Sementara, SMKN 2 Wonogiri menjadi contoh sekolah yang selama melaksanakan PTM tanpa ada kasus terkonfirmasi positif.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah atau Disdikbud Jateng, Suratno, menyampaikan tindak lanjut kebijakan Mendikbud masih akan dibahas di tingkat Jawa Tengah. Pada prinsipnya, penerapan PTM perlu disesuaikan dengan tingkat risiko penularan Covid-19 di daerah.

Dia menegaskan sekolah harus memiliki persiapan matang sebelum menggelar PTM baik menyangkut SOP maupun sarana pendukung penerapan protokol kesehatan. SMAN 2 Wonogiri dan SMKN 2 Wonogiri akan menjadi percontohan bagi SMA/SMK negeri maupun swasta di Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen dalam penerapan PTM mendatang.

Layak Dicontoh

Semua hal yang telah dilakukan kedua sekolah itu layak menjadi contoh. Misalnya, sekolah memilih siswa peserta kegiatan yang bukan dari kecamatan dengan risiko penularan Covid-19 tinggi atau zona merah, memberi sosialisasi yang memadai kepada siswa dan orang tua siswa, dan sebagainya.

Masing-masing pihak akan dijadikannya narasumber saat sosialisasi atau persiapan PTM nanti. Narasumber dapat berbagi pengalaman dan strategi dalam menjalankan PTM. Bahkan, pihak SMAN 2 Wonogiri dapat memberi penjelasan mengenai langkah yang perlu dilakukan jika ada warga sekolah yang terkonfirmasi positif.

Satgas Covid-19 di Karanganyar Andalkan Whatsapp untuk Koordinasi

“Menurut saya simulasi PTM di SMAN 2 Wonogiri dan SMKN 2 Wonogiri sukses. Kedua sekolah itu nanti bisa menjadi role model baik bagi SMA/SMK di Wonogiri maupun di Sragen dan Karanganyar. Bahkan, keduanya bisa menjadi role model yang lengkap. Meski ke depan akan diterapkan PTM di sekolah-sekolah mulai tahun depan, kemungkinan besar PTM tak bisa langsung diikuti seluruh siswa. Tetap ada batasan-batasan terlebih dahulu,” kata Suratno saat dihubungi Solopos.com, Minggu (22/11/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya