2 Prodi Teknik Ini Paling Diminati di VISEP UMS
Ilustrasi kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta. (pdpai.ums.ac.id)

Solopos.com, SOLO — Program Studi Teknik Sipil dan Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Surakarta paling banyak diminati mahasiswa asing dalam Virtual Inbound Student Exchange Program (VISEP) yang diadakan Biro Kerjasama dan Urusan Internasional atau BKUI UMS.

Pada VISEP 2020/2021 terdapat 11 Prodi yang berpartisipasi menawarkan mata kuliah yang dapat diikuti mahasiswa asing, namun hanya tujuh di antaranya yang mendapat peserta dan paling banyak Teknik Sipil dan Teknik Mesin.

Baca Juga: Waspada, 12 Zodiak Kerap Keliru Asuh Anak!

“Pada VISEP semester genap 2020/2021 ini sebenarnya ada 11 Prodi yang berpartisipasi untuk menawarkan mata kuliah, di antaranya Manajemen, Komunikasi, Informatika, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Olah Raga, PGSD [Pendidikan Guru SD], Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Geografi, dan Arsitektur. Tapi hanya ada tujuh Prodi memiliki pendaftar,” ujar Kepala Bidang Program Internasional BKUI-UMS, Hepy Adityarini dalam siaran pers UMS, Senin (28/2/2021).

Ia menjelaskan, VISEP merupakan program mobility untuk mahasiswa dari universitas mitra luar negeri UMS. “Program ini diprakarsai oleh Kepala Bidang Program Internasional BKUI UMS dan baru dirilis pada awal semester genap 2020/2021,” ungkapnya.

Kredit Transfer

Dalam program tersebut mahasiswa peserta VISEP dapat menempuh maksimal tiga mata kuliah di UMS dan nilai yang didapat dari UMS akan ditransfer ke kurikulum universitas asal dalam bentuk kredit transfer. “Pembelajaran dalam program mobility ini diselenggarakan secara daring,” tambah Hepy.

UMS sebenarnya telah menerima mahasiswa asing untuk program kredit transfer sejak 2017 namun hanya terbatas pada Prodi Teknik Mesin dan Teknik Sipil kelas internasional.

Baca Juga: Peluang Bisnis Air Minum Isi Ulang

Sementara itu, BKUI UMS telah menyelenggarakan orientasi menyambut 61 mahasiswa peserta VISEP ini, pekan lalu. Acara dilakukan secara daring melalui Zoom Cloud Meetings dan dibuka oleh Rektor UMS Sofyan Anif.

Dalam kesempatan itu, tiga mahasiswa asing perwakilan dari UTHM dan UMS diberi kesempatan memberikan sambutan singkat. Mereka kebanyakan tertarik untuk mengikuti VISEP karena ingin memperoleh pengalaman baru dan juga belajar tentang budaya Indonesia.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

 



Berita Terkini Lainnya








Kolom