Tutup Iklan
2 Pasien Covid-19 Klaten Sembuh, Tapi Tambah Lagi 2 Pasien Baru
Ilustrasi tes virus corona. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN — Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mengumumkan dua pasien positif Covid-19 di Klaten dinyatakan sembuh, Minggu (5/7/2020). Namun, ada penambahan dua pasien baru Covid-19 di Klaten yang merupakan ibu dan anak.

Kedua pasien positif Covid-19 di Klaten yang dinyatakan sembuh masing-masing berinsial HHM dan BA. HHM adalah perempuan berumur 20 tahun asal Kecamatan Karanganom, sedangkan BA adalah laki-laki 33 tahun asal Kecamatan Kebonarum.

HHM dirawat di RSD Bagas Waras sejak 16 Mei lalu. Sementara BA dirawat di RSJD dr RM Soedjarwadi sejak Kamis (18/6/2020) lalu. BA diketahui merupakan anak buah kapal (ABK).

"Mereka sudah diperbolehkan pulang tetapi tetap melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari mendatang untuk pemulihan," kata Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, saat dikonfirmasi Solopos.com, Minggu (5/7/2020).

Terkait pasien berinisial HHM, Cahyono membenarkan merupakan anak dari pria berinisial MA, 51, asal Kecamatan Karanganom yang sempat menjalani perawatan di RSU Islam Klaten sebagai pasien terkonfirmasi positif Covid-19 pada Senin (20/4/2020).

MA dinyatakan sembuh pada Senin (11/5/2020) lalu. HHM juga kakak dari RFM, 13, yang sempat menjalani perawatan di RSD Bagas Waras Klaten sebagai pasien terkonfirmasi positif pada Sabtu (23/5/2020) dan dinyatakan sembuh pada Sabtu (6/6/2020).

"Alhamdulillah sudah tidak ada lagi anggota keluarga tersebut yang dirawat sebagai pasien terkonfirmasi positif," kata Cahyono.

Selain mengumumkan dua pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh, Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Klaten mengumumkan penambahan dua pasien terkonfirmasi positif asal Kecamatan Bayat.

2 Pasien Baru Covid-19 di Klaten

Mereka merupakan ibu dan anak masing-masing berinsial S, seorang perempuan 35 tahun dan RMR, anak laki-laki berumur 12 tahun. Keduanya dirawat di RSD Bagas Waras Klaten dengan kondisi yang baik dan stabil.

Cahyono menjelaskan dimungkinkan S dan RMR terpapar dari orang yang terlebih dahulu terkonfirmasi positif Covid-19. Cahyono membenarkan penambahan dua pasien positif Covid-19 merupakan hasil pengembangan penulusuran kontak erat dari tujuh pasien terkonfirmasi positif yang diumumkan pada Kamis (18/6/2020) lalu.

Cahyono juga menjelaskan penambahan kasus pasien positif Covid-19 di Bayat merupakan bagian dari klaster Semarang. "Iya dari hasil tracing kami lihat hasilnya mengarah ke sana kemudian kami melakukan swab. Selama menunggu hasil swab itu mereka sudah kami minta isolasi mandiri," kata Cahyono.

Cahyono mengatakan tetap melakukan penelusuran orang-orang yang pernah kontak erat dengan S dan RMR. "Tetap kami terus melakukan tracing dan dipertajam lagi agar terputus [rantai penularannya] seperti kasus di Karanganom," urai dia.

Dengan dua pasien sembuh dan penambahan dua pasien terkonfirmasi positif, jumlah kumulatif pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Klaten menjadi 60 orang. Sebanyak 18 orang masih menjalani perawatan di rumah sakit, 39 orang dinyatakan sembuh, serta tiga orang meninggal dunia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho