SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, TULUNGAGUNG — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung, Jawa Timur, berencana merevitalisasi dua pasar tradisional di wilayah setempat pada tahun 2019 dengan anggaran total mencapai Rp3 miliar.

Dua pasar yang akan direhab total itu adalah Pasar Tamanan dan Pasar Karangrejo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kebijakan ini merupakan rangkaian program revitalisasi pasar tradisional menggunakan anggaran pusat (APBN),” kata Kasi Pengendalian dan Pemantauan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tulungagung Sonny Jatmiko di Tulungagung, Jumat (7/12/2018).

Dia menjelaskan pelaksanaan program diperkirakan mulai pada akhir triwulan pertama atau awal triwulan kedua tahun anggaran 2019.

Sebelum pembangunan dimulai, para pedagang terlebih dulu akan direlokasi di tempat penampungan sementara yang disediakan pemerintah daerah.

Lebih lanjut, Sonny Jatmiko menerangkan jumlah pasar tradisional yang telah direvitalisasi sejauh ini ada delapan pasar. Sentra-sentra perdagangan rakyat itu dibangun ulang menggunakan konstruksi rangka baja kombinasi tembok/beton permanen.

Pasar tradisional dimaksud adalah Pasar Ngantru, Pasar Kliwon Kauman, Pasar Ngemplak, Pasar Panjer Rejotangan, Pasar Gondang, Pasar Ngentrong Campurdarat, Pasar Sumbergempol, dan Pasar Ngunut.

Dia menjelaskan di Tulungagung sebenarnya ada 32 pasar tradisional tersebar di 19 kecamatan. Namun tak semua pasar rakyat itu bisa direvitalisasi.

Sonny menguraikan revitalisasi harus memperhatikan ketidaklayakan pasar dan pertimbangan dampak peningkatan kegiatan perekonomian.

“Jadi tidak semua pasar tradisional dapat direvitalisasi dengan dana APBN. Kita harus memperhatikan kondisi pasar masih layak atau tidak layak tempatnya, serta harus bisa memprediksi jika sudah dilakukan revitalisasi dapat meningkatkan perekonomian di daerah setempat atau tidak,” katanya.

Selain Pasar Tamanan dan Karangrejo yang masuk plot revitalisasi, Pasar Campurdarat sebenarnya juga sudah masuk perencanaan untuk dilakukan rehabilitasi. Namun tindak lanjut program terkendala pada plafon anggaran yang disediakan pemerintah melalui APBN.

Kebutuhan revitalisasi Pasar Campurdarat jika mengacu analisis dan rencana anggaran teknis membutuhkan biaya sekitar Rp15 miliar. Namun dalam struktur rencana anggaran dari pusat hanya disediakan antara Rp6 miliar hingga Rp7 miliar.

“Daripada hanya terevitalisasi sebagian dan nantinya bisa menimbulkan gejolak pedagang, anggaran dari pemerintah pusat itu tidak jadi kami ambil,” katanya.

Dia menambahkan di Tulungagung ada dua pasar tradisional yang direvitalisasi secara total. Yakni, pasar Panjer di Kecamatan Rejotangan yang menghabiskan dana Rp6 miliar dan pasar Ngantru dengan dana Rp2 miliar,.

Silakan KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya