SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

TEMANGGUNG–Dua dari 13 partai politik di Kabupaten Temanggung dinyatakan tidak lolos verifikasi faktual Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung, yakni Partai Demokrasi Pembaruan dan Partai Peduli Rakyat Nasional.

“Kedua partai tersebut sebenarnya telah mengirim jumlah kartu anggota sesuai persyaratan di tingkat Kabupaten Temanggung yakni minimal 80 orang, namun setelah diverifikasi tidak memenuhi kuota 80 orang,” kata Ketua KPU Kabupaten Temanggung, Sujatmiko di Temanggung, Rabu (19/12/2012).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia mengatakan hal tersebut usai rapat pleno terbuka penyampaian hasil verifikasi faktual partai politik peserta Pemilu 2014 Kabupaten Temanggung.

Sujatmiko menyebutkan, setelah diverifikasi Partai Demokrasi Pembaruan hanya didapat 11 anggota dan Partai Peduli Rakyat Nasional 19 anggota. Ia menuturkan, meskipun dua parpol tersebut tidak memenuhi syarat tersebut belum tentu nantinya tidak ikut dalam pemilu. Syarat sebuah partai ikut pemilu, yakni lolos 75 persen kabupaten/kota di setiap provinsi.

“Jadi untuk lolos atau tidak masih menunggu hasil verifikasi kabupaten/kota yang lain, menunggu hasil verifikasi tingkat provinsi,” katanya.

Ia menuturkan, KPU Temanggung melakukan verifikasi faktual partai politik tahap pertama sebanyak 13 parpol, yakni PAN, PDIP, Partai Golkar, Partai Hanura, PDP, Partai Demokrat, Partai Gerindra, PKS, PKB, Partai Nasdem, PPRN, PPN, dan PPP.

Pada tahap kedua, katanya, KPU Temanggung melakukan verifikasi faktual terhadap lima parpol, yakni Partai Kebangkitan Nasional Ulama, Partai Republik, Partai Serikat Rakyat Independen, Partai Damai Sejahtera, dan Partai Karya Peduli Bangsa.

“Hasil verifikasi lima partai tersebut akan diumumkan pada 28 Desember mendatang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya