Kategori: Solo

2 Orang Siap Bertarung Gantikan Bambang Gage Sebagai Ketua KNPI Solo, Siapa Saja?


Solopos.com/Kurniawan

Solopos.com, SOLO -- Komite Nasional Pemuda Indonesia atau KNPI Kota Solo menggelar pemilihan ketua. Saat ini, dua orang telah mengembalikan formulir pendaftaran calon ketua ke Sekretariat Panitia Musda KNPI Kota Bengawan.

Mereka yaitu Agus Riyanto yang diusung PMII dan Respati Ardi yang diusung Satma Pemuda Pancasila (PP). Mereka mengembalikan formulir pendaftaran pada Sabtu (27/2/2021).

Proses pengembalian formulir Agus dan Respati disaksikan Ketua KNPI Kota Bengawan, Bambang Gage Nugroho. Bambang menyatakan tidak akan maju dalam bursa calon Ketua KNPI karena ingin fokus mengembangkan bisnisnya.

Baca Juga: Siap-Siap, Besok Giliran Pedagang Pasar Legi Solo Divaksin Covid-19

“Saya baru satu periode sebagai Ketua KNPI Solo. Tapi saya tidak maju lagi, mau fokus buka cabang baru usaha. Selain itu batas umur calon ketua 40 tahun. Lah saya sudah 42 tahun,” tuturnya kepada Solopos.com via Whatsapp, Rabu (3/3/2021).

Agus Riyanto. (Istimewa)

Periode kepemimpinan Bambang di KNPI Solo sebenarnya dari tahun 2015 hingga 2018. Namun ketika itu tidak ada yang mau maju sebagai calon ketua. Ia bersyukur kini sudah ada dua kandidat yang siap bertarung ketat menggantikannya.

Bambang menilai keberadaan Gibran Rakabuming Raka yang berusia 33 tahun di kursi Wali Kota Solo telah merangsang anak-anak muda Solo untuk berani tampil. “Alhamdulillah Mas Gibran Wali Kota Solo, kawan-kawan jadi semangat lagi,” katanya.

Baca Juga: Solo Zona Kuning Risiko Covid-19, Wali Kota Optimistis Pasokan Vaksin Lancar

Trengginas dan Visioner

Bambang berharap KNPI Solo bisa semakin maju ke depan dipimpin ketua baru yang lebih trengginas dan visioner. Pada sisi lain, masing-masing kandidat calon Ketua KNPI Solo sama-sama optimistis bakal meraup suara terbanyak pemilihan.

Sebagai informasi, ada 26 organisasi kepemudaaan (OKP) di bawah naungan KNPI Solo dan masing-masing mempunyai hak suara. “Saya berharap kompetisi dilakukan secara sehat, tidak gontok-gontokan demi kemajuan KNPI Solo,” urainya.

Respati Ardi. (Istimewa)

Salah satu calon, Respati Ardi, 32, bertekad membentuk ekosistem kepemudaan yang berkelanjutan bila terpilih sebagai Ketua KNPI Solo. Ia mengaku sudah menemui para pengurus OKP untuk menjaring berbagai masukan dan gagasan.

Baca Juga: Baru Sehari Terkonfirmasi, Anggota DPRD Solo Ini Sudah Sembuh dari Covid-19, Kok Bisa?

Sementara calon lainnya, Agus Riyanto, 35, mengusung visi mewujudkan Pemuda Berkarakter dan Maju, Solo Berbudaya dan Modern. Misinya yakni mengembalikan marwah KNPI sebagai oganisasi komite, sebagai ruang kaderisasi nilai-nilai luhur bangsa, untuk menciptakan masyarakat yang harmonis.

Agus juga ingin KNPI mejadi rumah bersama pengembangan potensi dan kreativitas pemuda di sektor ekonomi, pengembangan IT, budaya dan wisata Kota Solo. Selain itu KNPI harus bekerja sama dengan dengan Pemerintah Kota dan bersinergi dengan komunitas-komunitas creative di Solo.

Share
Dipublikasikan oleh
Suharsih