2 Orang Menjadi Korban Kebakaran Ruangan di Gedung FKIP UNS Solo

Damkar Solo menyampaikan dua orang menjadi korban kebakaran di salah satu ruang kompleks Gedung A FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Kamis (9/7/2022).

 proses pendinginan ruangan terbakar di Gedung A FKIP UNS oleh Damkar Solo (Solopos.com/Afifa Enggar Wulandari)

SOLOPOS.COM - proses pendinginan ruangan terbakar di Gedung A FKIP UNS oleh Damkar Solo (Solopos.com/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Dinas Pemadam Kebakaran atau Damkar Solo, Jawa Tengah menyampaikan dua orang menjadi korban kebakaran yang terjadi di salah satu ruang kompleks Gedung A Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Kamis (9/7/2022).

Damkar Solo menyebutkan bahwa objek yang terbakar adalah satu ruang laboratorium yang ada di lantai 1 Gedung A FKIP UNS Solo. Akibat kebakaran tersebut dua orang menjadi korban.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Satu korban mengalami luka berat diduga seorang dosen bernama Bayu Antra Kusuma dan satu korban lain mengalami luka ringan atas nama Akbar. Dia disebut-sebut sebagai asisten dosen. 

Damkar Solo menyebut kebakaran yang terjadi di kompleks Gedung FKIP UNS Solo itu terjadi diduga karena hubungan pendek arus listrik atau korsleting. “Dugaan asal api ada hubungan arus pendek di ruang komputer,” tulis akun Instagram @damkarsurakarta seperti dilansir Solopos.com, Kamis (7/7/2022).

Akun Instagram Damkar Solo mengunggah laporan tersebut pada Kamis pukul 14.07 WIB. Damkar Solo juga melaporkan proses pemadaman api berlangsung selama lebih dari satu jam atau dari pukul 08.15 WIB hingga 09.30 WIB. Berdasarkan pantauan Solopos.com di lokasi kejadian, kepanikan sempat terjadi.

Baca Juga : Gedung A FKIP UNS Solo Terbakar, Diduga Api dari Karpet di Ruang Sidang

Damkar Solo melakukan asesmen dan penanganan terhadap objek yang terbakar dan sekitarnya hingga dinyatakan aman. Upaya Damkar Solo memadamkan api di salah satu ruangan Gedung A FKIP UNS Solo itu melibatkan tujuh mobil damkar. Sejumlah pihak terlibat dalam proses pemadaman dan evakuasi, yakni Damkar Karanganyar, TNI, Polri, sukarelawan, dan PMI.

Dekan FKIP UNS, Mardiyana, mengatakan sempat melihat api menyala di Gedung A. Menurut dia, proses pemadaman berlangsung tak lebih dari satu jam. “Saya datang ke sini sudah mulai ada api. Tapi kurang dari satu jam sudah teratasi,” terang dia.

Ia juga mengatakan sejumlah orang yang ada di Gedung A FKIP UNS sempat menjebol teralis jendela. Hal itu dilakukan karena asap masuk hingga ke lantai 2 Gedung A. “Tapi di atas [ada pengawas tes PPG] dan asap sudah di atas. Ada yang membuka teralis. Tapi, alhamdulillah tadi sudah keluar semua,” jelasnya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Pembebasan Lahan Underpass Joglo, Sejumlah Aset Pemkot Solo Ikut Kena

      Sejumlah bangunan dan aset milik Pemkot Solo bakal ikut terkena pembebasan lahan untuk pembangunan underpass di Simpang Joglo, Banjarsari.

      MPKU Muhammadiyah Berkomitmen Akselerasi Kesehatan Umat

      Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Muhammadiyah berkomitmen mengakselerasi kesehatan umat.

      Cuaca Boyolali Kamis 11 Agustus Ini: Berawan Pagi, Gerimis Sore Hari

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Kamis (11/8/2022), tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Kamis 11 Agustus, Stabil Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca dari BMKG untuk Kota Solo pada hari ini, Kamis (11/8/2022), stabil berawan sepanjang hari.

      Simpang Joglo Solo Ditutup 1 Jam, Pengguna Jalan Pilih Jalur Alternatif

      Warga yang kerap melewati Simpang Joglo, Solo, memilih jalur alternatif saat penutupan simpang tersebut untuk switch over jalur KA selama satu jam, Rabu (10/8/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Berawan Pagi-Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 11 Agustus 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Perbaikan Viaduk Gilingan Solo Bikin Warga Kampung Khawatir, Kenapa?

      Rencana buka tutup hingga penutupan total viaduk Gilingan di Jl A Yani, Banjarsari, Solo, membuat warga kampung di sekitar khawatir.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 11 Agustus 2022, Full Berawan

      Prakiraan cuaca di Karanganyar hari ini, Kamis (10/82022) akan full berawan dari pagi sampai malam.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 11 Agustus 2022, Berawan Lalu Hujan

      Prakiraan cuaca Sragen hari ini, Kamis (11/8/2022), akan dominan berawan namun ada kemungkinan hujan turun di malam hari

      Alarm Waspada Covid-19! Ada 3 Kasus Kematian Baru di Solo dalam Sepekan

      Satgas Penanggulangan Covid-19 Solo mencatat ada tiga kasus kematian baru pada pasien positif corona dalam sepekan terakhir, semua pihak diminta waspada.

      Ganjar Pranowo Beli 18 Tiket Tapi Tak Nonton Dream Theater di Solo

      Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang sebelumnya telah membeli belasan tiket justru tidak hadir saat konser Dream Theater di area parkir Stadion Manahan, Solo.

      2 Jam Tanpa Jeda Hipnotis Ribuan Fans, Dream Theater: Thank You Solo!

      Grup band rock asal Amerika Serikat, Dream Theater, suskes menghibur para penggemarnya dalam konser di area parkir Stadiona Manahan Solo selama dua jam tanpa jeda.

      Konflik Rusia Sebabkan Harga Pupuk di Sukoharjo Naik, Kok Bisa?

      Harga pupuk nonsubsidi di sejumlah daerah fluktuatif karena bahan baku yakni salah satunya fosfat harus diimpor dari Rusia.

      Dream Theater Konser di Solo, Pengendara Motor Berhenti untuk Menikmati

      Warga dan pengendara motor berbondong-bondong datang dan berhenti sekadar untuk menikmati cahaya lampu dan suara konser Dream Theater dari luar Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022) malam.

      Banjir Hadiah, Petani Sukoharjo Serbu ODP Pupuk Petrokimia Gresik

      Bersamaan dengan ulang tahun ke-50, PT Petrokimia Gresik menggelar program promosi pupuk yakni one day promotion (ODP) serentak di 50 kios yang tersebar di 19 provinsi, Rabu (10/8/2022).