SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Pesan singkat (SMS) dinilai masih akan menjadi media favorit untuk menyampaikan ucapan Hari Raya Idulfitri. Peredaran SMS di hari Lebaran bahkan diprediksi akan mencapai angka dua miliar.

Demikian proyeksi yang disampaikan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terhadap lonjakan trafik telekomunikasi ketika hari Lebaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dalam suasana Lebaran tahun 2011 ini diperkirakan akan terjadi lonjakan trafik telekomunikasi yang cukup signifikan,” kata Gatot S. Dewa Broto, Kepala Humas dan Pusat Informasi Kominfo, dalam keterangannya, Minggu (28/8).

Ekspedisi Mudik 2024

Lonjakan yang diprediksi yakni akan terkirim minimal dua miliar SMS di H-1 hingga H+1 Lebaran. Sementara untuk percakapan minimal 2,5 miliar menit.

Itu belum termasuk lonjakan trafik data yang diperkirakan akan digunakan sebanyak 250 terabyte untuk layanan data (khususnya internet).

Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) sendiri sebelumnya telah mengadakan pengetesan jaringan telekomunikasi dengan empat tujuan (Jakarta ke arah Cirebon dan Pemalang; Jakarta ke arah Cileunyi, Nagrek, Garut dan Tasikmalaya; Jakarta ke arah Merak dan Bandar Lampung; serta Semarang ke arah Jogja, Solo, Madium dan Surabaya).

Pengujian ini juga diikuti oleh 8 penyelenggara telekomunikasi seluler (Telkomsel, XL, Indosat, Huchison CP Telecommunication, Natrindo Telepon Seluler, Mobile-8 Telecom, Sampoerna Telekomunikasi Indonesia dan Smart Telecom) serta 4 penyelenggara telekomunikasi Fixed Wireless Access (Telkom, Indosat, Bakrie Telecom dan Mobile-8 Telecom).

Untuk empat jalur yang diuji, rata-rata keberhasilan panggilan dari semua penyelenggara telekomunikasi di atas 96,95% (sedangkan peraturannya menyebutkan minimal 90%).

Sementara rata-rata panggilan yang terputus (dropped call) maksimal 2,06% (di peraturan max 5%), untuk panggilan terblok (blocked call) maksimal 1,87% dengan rata-rata blocked call sebesar 1,47%

Adapun rata-rata pengiriman SMS adalah 97% di bawah 3 menit (di peraturan minimal 75% terkirim di bawah 3 menit) dan bahkan beberapa operator sudah 100% di bawah 3 menit.

Jika dilihat per wilayah, peningkatan trafik telekomunikasi akan dimulai dari Sumatera bagian Selatan hingga ke Sumatera bagian Tengah. Untuk Kalimantan akan terjadi penurunan trafik dibanding hari biasa mengingat banyak pemudik yang meninggalkan Kalimantan.

“Peningkatan trafik juga akan terjadi di Bandara. Trafik diperkirakan tidak akan banyak mengalami peningkatan maupun penurunan tapi jaringan akses dan tulang punggung siap menghadapi kemungkinan peningkatan trafik,” pungkas Gatot.(dtc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya