Tutup Iklan
Petugas Damkar Klaten memadamkan api yang membakar los tembakau di Desa Basin, Kecamatan Kebonarum, Kamis (22/8/2019) sore. (Istimewa-Unit Damkar Satpol PP Klaten)

Solopos.com, KLATEN -- Sebanyak dua los tembakau di Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, -hanguskan-7-hektare-lahan-tebu-di-gantiwarno-klaten" title="Api Hanguskan 7 Hektare Lahan Tebu di Gantiwarno Klaten">terbakar berbarengan, Kamis (22/8/2019) sore. Jarak kedua bangunan untuk pengeringan daun tembakau itu sekitar 200 meter.

Salah satu petugas unit Damkar Klaten, Irwan Santosa, menjelaskan laporan diterima petugas sekitar pukul 16.00 WIB. Los tembakau itu berada di wilayah Desa Basin, Kecamatan Kebonarum.

Awalnya, petugas mengerahkan dua unit mobil Damkar menuju lokasi. Sampai di lokasi, petugas harus menambah satu unit mobil Damkar lantaran ada dua los tembakau yang -warga-polanharjo-klaten-terbakar-saat-ditinggal-salat-malam" title="Dapur Warga Polanharjo Klaten Terbakar saat Ditinggal Salat Malam">terbakar.

Kondisi bangunan berangka bambu dan beratap daun tebu kering serta teriknya sengatan matahari dan kencangnya embusan angin membuat api cepat membesar dan merembet ke seluruh bagian bangunan.

"Kami sampai di lokasi itu satu los sudah habis terbakar. Kemungkinan saat dilaporkan apinya memang sudah besar dan menjalar ke seluruh bagian bangunan," kata Irwan saat ditemui di posko unit Damkar Klaten, Kamis malam.

Satu los berada di tepi jalan raya. Sementara, los lainnya berlokasi di tengah sawah. Akses jalan berupa pematang sawah serta minimnya sumber air di lokasi sempat membuat petugas kewalahan.

"Lokasi salah satu los itu jalannya berupa pematang sawah sehingga mobil Damkar kami paksa masuk ke lokasi. Sementara, untuk mendukung air, satu unit mobil bolak balik untuk menambah pasokan air," jelas dia.

Proses -pos-polisi-pakis-klaten-terbakar-warga-lihat-4-orang-sulut-api" title="Eks Pos Polisi Pakis Klaten Terbakar, Warga Lihat 4 Orang Sulut Api">pemadaman api berlangsung hingga pukul 18.30 WIB. Sebanyak tiga unit mobil Damkar dan sembilan personel dikerahkan untuk memadamkan api di dua los tembakau milik PTPN itu. Guna mendukung pasokan air, petugas enam kali bolak balik mencari sumber air menggunakan salah satu mobil Damkar.

Akibat kejadian itu, dua los tembakau masing-masing berukuran sekitar 20 meter x 100 meter hangus terbakar. Saat peristiwa terjadi, kondisi los kosong atau tak ada daun tembakau yang dikeringkan.

Petugas Damkar Klaten, Tri Hatmoko, menjelaskan belum diketahui penyebab kebakaran dua los tembakau. 

"Kemungkinan los di tepi jalan terbakar terlebih dahulu. Karena hembusan angin, bara apinya terbawa angin dan menempel atap los di tengah sawah tersebut hingga ikut terbakar," urai dia.

Pada Kamis, petugas Damkar secara maraton memadamkan api sejak siang hingga petang. Saat menerima laporan kebakaran los tembakau di Kebonarum, petugas baru saja tiba di posko unit Damkar Klaten yang beralamat di Kelurahan Gergunung, Kecamatan Klaten Utara. Mereka sampai posko seusai memadamkan api yang membakar kandang sapi di Desa Brajan, Kecamatan Prambanan.

"Sekitar pukul 11.30 WIB kami berangkat setelah menerima laporan kebakaran kandang sapi di Desa Brajan, Kecamatan Prambanan. Bagian kandang yang terbakar seluas 6 meter x 6 meter. Api tidak sampai merembet ke bangunan lain. Selain itu, sapi-sapi sebelumnya sudah dievakuasi pemiliknya. Penyebab kebakaran diduga dari pembakaran sampah yang merembet ke jerami pakan ternak," kata Irwan.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten